Kamis, 13 September 2012, 10:39 –
Seksi PAIS Kemenag KBB Gelar Sosialisasi EMIS

CIBEUREUMBANDUNGDalam rangka menciptakan Sistem Informasi Manajemen Kependidikan yang accountable dan tenaga pendataan yang paham dan mampu mengoperasikan sistem tersebut serta mampu mensosialisasikannya, Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) dan seksi Madrasah Kemenag Kabupaten Bandung Barat menggelar Sosialisasi Pengembangan Manajemen Informasi Kependidikan (EMIS), Rabu (12/9) 2012 di Hotel Endah Parahyangan, Bandung. Kepala Kemenag Kab. Bandung Barat, Drs. H. Imron MAg, dalam sambutannya mengatakan sekarang ini para pendidik terutama di lingkungan madrasah, pesantren sekolah Diniyah Takmiliyah dan lainnya, wajib menguasai dan memahami manajemen dan teknologi Informasi. Pasalnya, lanjut Imron, penguasaan teknologi dan informasi akan mempengaruhi baik dan tidaknya mutu pendidikan di lembaganya, terutama dalam era modern dan serba teknologi sekarang ini.

“Penguasaan manajemen yang baik dan disertai penguasaan teknologi akan mempermudah kita dalam mengakses segala informasi penting,” Jelasnya.

Karena itu, imbuh Kakemenag, untuk mendapatkan mutu pendidikan yang baik, perlunya para pendidik di lingkungan Kemenag harus mulai menerapkan manajemen dan tekhnologi informasi, sedangkan bagi yang sudah menerapkan, harus meningkatkan, sebab perkembangan tekhnologi akan berjalan secara terus menerus.

“Manajemen IT perlu kita kembangkan agar kita jangan sampai ketinggalan informasi,” Tambahnya.

Dalam Kesempatan yang sama. Kasi PAIS, H. Oni Suryana mengatakan, dengan adanya sosialisasi sekaligus pembinaan EMIS (Education Management Information System) ini dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada para pengelola madrasah, pesantren dan sekolah lainnya di lingkungan Kemenag Kab. Bandung Barat menganai bagaimana cara menginput data kelembagaan melalui website agar data tersebut mudah diakses masyarakat.

Sosialisasi Pengembangan Manajemen Informasi Kependidikan ini diikuti 50 peserta yang berasal dari satker dan sekolah di lingkungan Kemenag Kab. Bandung Barat yakni Pondok Pesantren sebanyak 7 orang, Diniyah Takmiliyah 7 orang, TKQ/TPQ 3 orang, PAI SD 6 orang, PAI SMP 1 orang, PAI SMA 1 orang, MK2MI 17 orang, MK2MTs 5 orang dan MK2MA 3 orang.

REPORTASE :Evi Agustin.

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.023912 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.68
Jumlah pengunjung: 1233587
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.