Kamis, 13 September 2012, 10:18 –
Kepala Kemenag Kab Bogor Raih Gelar Doktor

Cibinong-Kab. Bogor

Setelah menjalani proses pendidikan selama 2,5 tahun pada program S3 Pendidikan Islam di Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor. Akhirnya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag ) Kab Bogor Drs. H. Suhendra, MM pada Kamis 16 Agustus 2012 lulus sidang tertutup dan pada 16 September 2012 lulus sidang terbuka. Dengan keberhasilannya tersebut maka Kepala Kemenag Kab Bogor tersebut dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar Doktor.

Untuk meraih gelar Doktor tersebut Drs. H. Suhendra, MM mengajukan disertasi yang berjudul Pengembangan Jiwa Wirausaha berbasis Pendidikan Pesantren (Studi Kasus di Kabupaten Karawang).

Menurut pria yang pernah menjabat Kepala Kantor Kemenag Kota Depok dan Kantor Kemenag Kab Karawang serta mondok di Ponpes Muta’allimin Kananga, Menes Banten ini, pemilihan judul ini dilatarbelakangi beberapa hal yaitu Pesantren merupakan pola institusi pendidikan islam di Indonesia yang telah ada sejak lama. “Seiring perkembangan zaman Pesantren tidak terbatas pada kajian kitab kuning, namun kini pesantren sudah mulai mengenalkan wirausaha bagi santri-santrinya,”kata anak pasangan Hj. Salam dan Hj, Ati ini .

Kebuh jauh dia mengatakan, pendidikan kewirausahaan di Pesantren memiliki tujuan, pertama, sebagai pembelajaran para santri. Kedua, membantu pemasukan keuangan pondok pesantren. Ketiga, pemberdayaan masyarakat. “Dari ketiga tujuan itu, kita bisa memiliki gambaran jika Pondok Pesantren bisa memberikan kontribusi nyata kepada pembentukan generasi muda dan pada masyarakat juga,”imbuh pria yang mengambil S1 di IAIN (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Ushuludin Jurusan Dakwah dan S2 Satyagama, Jakarta ini.

Dirinya berharap kajian disertasi ini bisa menjadi bagian dari khazanah ilmu keislaman di Indonesia terutama pendidikan islam dan bisa menjadi salah satu referensi bagaimana pengelolaan Pondok pesantren yang berbasis wirausaha.

REPORTASE : ADE IRAWAN

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.036031 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1276179
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.