Jumat, 7 September 2012 – Bidang Haji & Umroh
Calhaj Kab Bogor ikuti Peragaan Manasik Haji Massal

CIBINONG-KAB. BOGORUntuk Ketigakalinya Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bogor menggelar bimbingan manasik haji (Binsik) secara massal bagi calon jemaah haji (Calhaj) yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini. Namun kali ini, Binsik yang digelar yaitu peragaan tata cara berhaji seolah-olah Calhaj sedang berada di Mekkah dan praktek ini dilakukan di Lapangan Tegar beriman pada Sabtu (1/9).

“Untuk binsik kali ini kita adakan peragaan atau praktek dan kita buat praktek ini seolah-olah calhaj sedang berada di Mekkah,”kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Drs. H.Ngadiono, M.Pd.I.

Sejauh ini, kata dia, terkait penyelenggaraan haji masih terus berjalan hingga saat ini dari kuota 3.377 jemaah yang melunasi baru sekitar 3.228 dan yang belum akan terus ditunggu pelunasannya sehingga mereka benar-benar bisa berangkat tahun ini. “Masih ada 149 orang yang belum melunasi dan akan kita tunggu hingga tahap terakhir yaitu Senin-jumat (3-7/9), jika hingga waktu yang ditentukan belum melunasi maka akan digantikan antreaanya berikutnya,”bebernya.

Lebih jauh mantan Kepala KUA Ciampea ini menerangkan, jika saat ini belum ada penentuan kelompok terbang (Kloter) bagi calhaj kab Bogor karena semuanya masih diproses ditingkat pusat kalaupun sudah ada akan segera diinformasikan. “Jadi, calhaj jangan resah soal kloter kita tunggu saja karena ini masih berproses, mudahan-mudahan minggu depan sudah ada informasinya,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kab Bogor Drs. H. Suhendra, MM mengatakan, kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan kendati sudah diberikan materi haji ketika binsik di KUA ataupun di KBIH namun untuk lebih memperdalam keilmuan calhaj kegiatan ini menjadi wajib. “Karena kita punya kewajiban memberikan ilmu tatacara berhaji yang sesuai dengan rukun dan sah nya haji,”kata Drs. H. Suhendra, MM.

Dirinya pun meminta Calhaj untuk bersabar karena menjalankan Haji merupakan panggilan sehingga segala sesuatunya harus benar-benar ikhlas, apalagi tidak lama lagi jadwal keberangkatan haji akan dimulai. “Bila tidak ada perubahan sekitar 20 september 2012 keberangkatan calhaj asal Indonesia sudah akan dimulai, jadi kita dituntut sabar,”imbuhnya.

Mengenai kuota, tambah dia, tidak ada perubahan kendati begitu kepada Calhaj yang belum melunasi untuk segera melunasinya agar tidak tergantikan oleh antrean berikutnya. “Kita imbau bagi yang belum untuk segera melunasi dan masih ada waktu seminggu lagi, karena sayang sudah lama menunggu tapi tidak jadi berangkat,”tegasnya.

REPORTASE : ADE IRAWAN

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.030154 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1172212
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.