Kemenag Himbau Calhaj Ikuti Binsik dengan Serius

Rabu, 23-10-2019 | 15:41:16

Kawalu (INMAS Kota Tasikmalaya)

Kantor Kementerian Agama senantiasa bersinergi dengan Kelompok Bimbingan Jemaah Haji (KBIH) dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi calon jemaah haji. Seperti halnya minggu (20/10) Kepala Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya, H. Hilmy Riva’i menghadiri sekaligus membuka acara secara resmi  Bimbingan Manasik Haji syang diselenggarakan oleh KBIH Al-amin. Acara berlangsung di Ponpes Al-amin, Cukang Gunung Tandala Kawalu Tasikmalaya turut hadir Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, H. Wahyu dan para Pengurus KBIH Al-amin.

Dalam sambutannya Hilmy menuturkan . Pelaksanaan Ibadah Haji merupakan rangkaian ibadah keagamaan yang telah dijamin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Oleh karena itu, negara bertanggung jawab atas penyelenggaraan Ibadah Haji sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 29 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah adalah kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, dan pelaporan Ibadah Haji dan Ibadah Umrah. Penyelenggaraan ibadah haji ini berasaskan syariat, amanah, keadilan, kemaslahatan, kemanfaatan, keselamatan, keamanan, profesionalitas, transparansi; dan akuntabilitas.

Ia menambahkan Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan pelindungan bagi Jemaah Haji dan Jemaah Umrah sehingga dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan syariat; dan mewujudkan kemandirian dan ketahanan dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. Salah satu bentuk kegiatan pembinaan yang menjadi tanggung jawab pemerintah adalah memberikan bimbingan manasik haji.

“Karenanya bimbingan manasik ini adalah kegiatan penting yang harus dilaksanakan, diikuti dan difahami oleh para calon jemaah haji,”jelasnya.

Kegiatan bimbingan jemaah haji merupakan kegiatan awal dalam mempersiapkan perjalanan ibadah haji ke tanah suci bagi setiap Calon Jamaah Haji, melalui kegiatan ini para calon jemaah haji akan mendapatkan banyak manfaat dan pelajaran sebelum melakukan ibadah haji. Materi  yang diberikan dalam kegiatan manasik haji ini harus benar – benar difahami agar para calhaj mendapatkan haji yang mabrur.

“Upaya kita mencapai haji mabrur seperti yang dicita-citakan oleh semuanya, ya salah satunya dengan mengikuti bimbingan manasik,” jelasnya.

Diakhir sambutannya Kemenag berharap kepada para Calon Jamaah Haji untuk mengikuti kegiatan bimbingan manasik sebaik – baiknya. Karena ibadah haji ni sangat penting, segala syarat dan rukunnya harus dipenuhi,maka segala materi baik teoritis maupun praktek harus diikuti dengan serius.

Kontributor : Yeni Rohayati