Ribuan Santri Ikuti Upacara HSN Tingkat Kabupaten Tasikmalaya

Selasa, 22-10-2019 | 17:15:48

Singaparna (INMAS Kab. Tasikmalaya) Berpusat dilapangann Helyped Desa Cipakat, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Ribuan Santri di Kabupaten Tasikmalaya mengikuti peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tingkat Kabupaten Tasikmalaya,Selasa (22/10/2019). Ribuan santri itu, berasal dari berbagai pondok pesantren yang ada di 7 Kecamatan yaitu Kecamatan Singaparna, Sukarame, Mangunreja, Tanjungjaya, Leuwisari, Sariwangi dan Kecamatan Padakembang .

Selain insan pesantren, hadir pula dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seperti Bupati Tasikmalaya, Kapolres Tasikmalaya, Dandim 0612 Tasikmalaya, Danbrigif 13 Galuh, Danlanud Wiriadinata dan pejabat lainnya. Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengatakan, peran santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan begitu sangat besar. "Peran santri sangat besar, kita berharap santri indonesia untuk perdamaian dunia," papar Ade.

Ketika ditanya soal terbitnya UU Pesantren, Ade mengatakan hal itu sangat menggembirakan bagi pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya. Karena Tasikmalaya yang merupakan kota santri akhirnya mendapatkan pengakuan. "Artinya, dengan RUU itu, posisi santri dan pesantren sejajar dengan pendidikan formal lainnya. Kami berharap, santri mampu berkiprah dalam mengisi pembangunan," pungkas Ade.

Kontributor: Fajri Adi NUgraha