Kebangkan Kapasitas SDM Pengelola Keuangan Melalui Pembinaan

Rabu, 09-10-2019 | 16:00:51

Hotel Horison (INMAS Kota Tasikmalaya)

Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pada Kementerian dan Lembaga tentu sangat penting, demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya ketika memberi  materi dalam kegiatan Evaluasi Penyusunan Anggaran Tahun 2020. Ia mengangkat tema Penguatan Sumber daya Manusia Pengelola  Anggaran pada Kementerian Agama Kota Tasikmalaya Selasa (8/10) bertempat di Balroom Hotel Santika Tasikmalaya.

Menurut Hilmy kekuatan birokrasi sebenarnya terletak pada bagaimana SDM pada Kementerian/Lembaga tersebut dapat mengawal roda birokrasi dengan sebaik-baiknya dan sangat optimal. Di dalam kerangka ini, maka Kemenag sebagai Instansi Pemerintah yang didalamnya melakukan pengelolaan keuangan, diperlukan melakukan pengembangan SDM salah satunya dalam pengelolaan keuangan.

“Hal penting dalam kaitannya dengan pengembangan kapasitas SDM, khususnya SDM bidang keuangan. Adalah mengapresiasi atas upaya untuk melakukan pengembangan kapasitas SDM yang tentu menjadi keinginan kita semua untuk memperbaikinya,” jelasnya

Lebih jauh Kakankemenag menuturkan sebagaimana diketahui bahwa SDM di Kemenag  kebanyakan ialah bergelar Sarjana Agama, baik yang berlatarbelakang pendidikan, dakwah, syariah atau lainnya. Jadi, SDM bidang keuangan juga tidak sedikit adalah lulusan prodi-prodi agama. Oleh karena itu penguatan kapasitas menjadi sangat penting untuk dilakukan. Juga harus diakui bahawa ada di antara SDM keuangan yang berlatar pendidikan ekonomi atau akuntan akan tetapi jumlahnya tentu tidak sebanding dengan kebutuhan yang diinginkan.

Hilmy juga mengingatkan para pengelola keuangan setidaknya ada 5 tuntutan pengelola keuangan pertama adalah Update pengetahuan tentang tata kelola keuangan. Jangan pernah berhenti untuk memperbarui pengetahuan kita. Kedua adalah Update keahlian kita di dalam tata kelola keuangan. Keahlian itu mengandung dimensi pengetahuan konseptual dan teoretik.

“selain itu Update keterampilan dalam tata kelola keuangan, Upgrade kebersamaan di dalam bekerja dan terakhir Update lingkungan kerja agar selalu kondusif untuk bekerja optimal,” ujarnya.

KOntributor : Teni Rohayati