Pembubaran PPIH, Evaluasi untuk Perbaikan

Minggu, 15-09-2019 | 03:01:16

Jl. Kemakmuran (INMAS Bidang PHU)

Kedatangan Kloter 97 JKS di Asrama Haji Bekasi menjadi tanda berakhirnya fase pemulangan jemaah haji asal Jawa Barat dan berakhir pula tugas PPIH Embarkasi/Debarkasi Jakarta Bekasi Tahun 1440H/2019M yang telah berjibaku dari mulai pemberangkatan Jemaah haji pada Hari Jumat tanggal 5 Juli 2019. Acara penutupan sekaligus pembubaran PPIH Embarkasi/Debarkasi Jakarta Bekasi Tahun 1440H/2019M langsung digelar di Aula Arafah Asrama Haji Bekasi, Minggu dini hari (15/9).

Pada kesempatannya, Kepala Bidang PHU yang sekaligus Sekretaris PPIH, H. Ajam Mustajam, menyampaikan beberapa poin evaluasi yang menjadi perbaikan penyelenggaraan ibadah haji di tahun yang akan datang.

"Ada beberapa hal yang perlu dicermati pada pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji baik dari pemberangkatan dan pemulangan terutama pada petugas yang langsung bersentuhan dengan jemaah haji. Ini akan dijadikan bahan evaluasi penyelenggaraan ibadah haji tahun yang akan datang," terangnya.

Ia pun berharap kepada para petugas bahwa tugas dalam melayani jemaah haji ini jangan diambil manfaat materinya saja tetapi manfaat lainnya yaitu melayani para tamu Allah SWT merupakan bagian dari ibadah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jawa Barat, yang juga sebagai Ketua PPIH Embarkasi/Debarkasi Jakarta Bekasi Tahun 1440H/2019M secara resmi langsung menutup sekaligus membubarkan PPIH. Sebelumnya, Ia menghaturkan terima kasih kepada para petugas PPIH yang sudah melaksanakan tugasnya dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji.

"Saya ucapkan terima kasih kepada kesediaan bapak dan ibu dalam melaksanakan tugas PPIH, terutama kepada para senior saya yang masih bersemangat tanpa mengenal waktu bertugas melayani jemaah haji," apresiasinya.

Ia berpendapat bahwa dalam bertugas melayani jemaah haji harus didasari oleh rasa keikhlasan dan kecintaan terhadap tugas yang dilaksanakan. "Karena tanpa rasa itu, belum tentu para petugas ini dapat bertahan selama 24 jam nonstop melayani jemaah haji. Semoga apa yang sudah kita kerjakan mendapatkan amalan terbaik dari Allah SWT," pungkasnya.

Pemulangan jemaah haji Jawa Barat yang terbagi dalam 97 kloter berjumlah 39.344 jemaah dan sudah dihantarkan ke daerahnya masing-masing. Jemaah haji Jawa Barat yang wafat di tanah suci sampai berita ini diturunkan berjumlah 72 jemaah haji masih ada 8 jemaah haji yang tertinggal di Mekkah dan Madinah dikarenakan sakit.

Kontributor: Novam Scorpiantrien