Terakhir, Kloter 97 JKS Tutup Pemulangan Jemaah Haji Jawa Barat

Minggu, 15-09-2019 | 02:06:16

Jl. Kemakmuran (INMAS Bidang PHU)

Genap Hari ke 30 Pemulangan jemaah haji asal Jawa Barat ditutup Kloter 97 JKS yang berasal dari 12 Kab/kota atau biasanya kloter terakhir menjadi kloter sapu jagat. Sesampainya di Debarkasi Jakarta Bekasi, jemaah haji langsung disambut PPIH Debarkasi Jakarta Bekasi dan langsung diserahterimakan oleh Kepala Bidang PHU, H. Ajam Mustajam, yang sekaligus menjabat sebagai

Sekretaris PPIH Embarkasi/Debarkasi Jakarta Bekasi Tahun 1440H/2019M, Sabtu (14/9).
Pada penerimaannya, Ajam menyapa jemaah haji dengan ramah dan disambut riuh jemaah haji yang membalas sapaannya. Pada beberapa waktu yang lalu, Ajam yang juga ikut Kloter 97 JKS sebagai utusan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan terpaksa harus pulang terlebih dahulu karena tugasnya sebagai Sekretaris PPIH Embarkasi/Debarkasi Jakarta-Bekasi Tahun 1440H/2019M serta pelaksanaan tugas lainnya.

Ia menghaturkan harapannya kepada jemaah haji yang merupakan para tamu Allah SWT masih diberikan kesehatan dan keselamatan.

Pada kesempatan tersebut, Ajam juga mengingatkan jemaah haji untuk menjaga kemabruran haji sesampainya di kampung halaman. Ia meminta para jemaah haji untuk tidak meninggalkan kebiasaan ritual ibadah di tanah suci agar kebiasaan baik tersebut dapat ditiru oleh sekitarnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jawa Barat, H. A. Buchori yang juga Ketua PPIH Embarkasi/Debarkasi Jakarta Bekasi pada sesi doorstop menyebutkan bahwa keberhasilan PPIH dalam melaksanakan tugasnya merupakan hasil kerja sama dan koordinasi yang kompak dan solid.

"Karena penyelenggaraan ibadah haji bukan hanya pekerjaan Kementerian Agama Jawa Barat tetapi banyak instansi pemerintah yang terlibat dan hal ini dituntut adanya kerja sama dan koordinasi serta komunikasi yang lancar satu sama lainnya," jelasnya.

Secara keseluruhan, Ia menilai bahwa penyelenggaraan ibadah haji tahun ini sangat meningkat. Hal ini diketahuinya dari opini jemaah haji yang sangat puas dengan fasilitas dan pelayanan ibadah haji yang diberikan oleh pemerintah.

"Semoga ditahun yang akan datang, inovasi penyelenggaraan ibadah haji dapat lebih ditingkatkan lagi dengan menyentuh berbagai aspek kenyamanan dan keamanan jemaah haji," harapnya.

Pada Kloter 97 JKS ini terdapat jemaah haji tanazul asal Provinsi Sumatera Selatan, Palembang, dengan alasan sakit dan PPIH Debarkasi Jakarta Bekasi telah mengantarkan JH tersebut sampai di RSUD Kota Bekasi dan langsung diserahkan pada keluarganya.

Kontributor: Novam Scorpiantrien