33.315 Galon Air Zamzam Telah Sampai Ditangan Jemaah Haji Jabar

Rabu, 11-09-2019 | 12:14:38

Jl. Kemakmuran (INMAS Bidang PHU)

Sudah memasuki hari ke 25 pemulangan jemaah haji, 82 kloter dengan total jemaah haji yang sudah tiba di kampung halaman 33.316. "Jumlah galon air zam zam yang sudah didistribusikan pun sesuai dengan jumlah jemaah haji yang sudah tiba di debarkasi," ucap H. Anwar Sanusi, Kasi Keuangan Bidang PHU sekaligus menjabat sebagai Kepala Bidang Perbekalan PPIH Embarkasi/Debarkasi Jakarta Bekasi Tahun 1440H/2019M.

Lanjutnya, "Masing-masing jemaah haji mendapatkan 1 galon air zamzam dengan berat 5 liter per galon. Untuk mengambil air zamzam ini tidak boleh diwakili dan menyiapkan paspor untuk distempel sebagai bukti sudah mengambil air zamzam."

Alasan pembagian air zamzam di debarkasi, Ia mengakui bahwa hal ini dikarenakan kebijakan penerbangan tidak memperboleh membawa air zamzam baik di koper besar atau koper tentengan.

"Alasan pastinya karena keamanan penerbangan, menghindari kebocoran yang akan mengakibatkan kerusakan mesin pesawat," ujarnya.

Selain itu juga, Anwar berpendapat air zamzam yang diberikan di debarkasi akan memudahkan jemaah haji membawa koper dan tidak kelebihan berat sesuai yang ditentukan.

Galon air zamzam yang dikirim menggunakan maskapai Saudia Airlines ini juga ada beberapa yang mengalami kerusakan. Untuk hal ini, Anwar menyebutkan ada 6 galon air zamzam yang rusak.

"Kerusakan ini bisa saja dikarenakan faktor pengiriman sehingga ada beberapa galon yang bocor. Kerusakan pada kemasan air zamzam ini akan kami laporkan untuk mendapatkan penggantiannya," tuturnya.

Galon air zamzam ini akan dibagikan kepada jemaah haji pada proses akhir jemaah haji sebelum menaiki bus yang sudah siap membawa ke kampung halamannya masing-masing. Proses pemulangan jemaah haji tinggal menghitung hari karena akan berakhir pada Hari Sabtu tanggal 14 September 2019 dan ditutup oleh kloter 97 JKS.

Kontributor: Novam Scorpiantrien