Inmas Kemenag Jabar Raih Peringkat 2 Piala Humas Jabar 2019

Selasa, 13-08-2019 | 03:55:50

Jl. Jend. Sudirman (INMAS Bagian Tata Usaha)

Setelah tahun lalu Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jawa Barat meraih penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat dalam partisipasi Monitoring dan Evaluasi Penerapan UU KIP Tahun 2018 dengan kualifikasi Peringkat "Cukup Lengkap", maka tahun ini merupakan kebanggaan bagi Subbag Informasi dan Humas dengan meraih Peringkat 2 Piala Humas Jabar.

"Ini adalah suatu penghargaan yang sangat membanggakan sekaligus hasil dari kerja keras insan humas Kementerian Agama Jawa Barat," ujar Kasubbag Informasi dan Humas, H. Holis Somantri, sambil menunjukkan tropi silver kebanggaan, Senin (13/8).

Masih dengan senyum sumringahnya, Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pranata dan JFU kehumasan baik dari Kanwil dan Kab/kota yang sudah bekerja keras dan bekerja cerdas dalam memberikan informasi yang akurat dan aktual kepada masyarakat.

Untuk meningkatkan prestasi, Ia mengajak kepada seluruh insan kehumasan Kementerian Agama Jawa Barat untuk bersama-sama meningkatkan kinerja dalam menyajikan dan memberikan pelayanan data dan informasi untuk publik. "Karena dari data dan informasilah masyarakat jadi mengetahui apa saja yang sudah menjadi pencapaian program kinerja Kementerian Agama," ujarnya.

Kasubbag Inmas yang baru saja mendapatkan penghargaan terbaik 1 Diklat PIM IV tersebut pun berharap dengan proyek perubahan yang telah digagasnya dapat dijadikan pioneer kedepannya sebagai peningkatan mutu pelayanan data dan informasi yang disajikan untuk masyarakat.

"Saya juga berharap insan kehumasan Kemenag Jawa Barat terus menggali potensi yang ada dengan membuat langkah-langkah inovatif dan kreativitas dalam melaksanakan Keterbukaan Informasi Publik, salah satunya dengan pembuatan video profil atau videografis," harapnya.

Mengenai keterbatasan yang ada, Ia menegaskan bahwa keterbatasan jangan dijadikan alasan untuk berhenti bergerak, justru keterbatasan harus dijadikan motivasi untuk bekerja cerdas.

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala Bagian Tata Usaha, H. A. Handiman Romdony, sangat mengapresiasi penghargaan tersebut. "Ini adalah bukti nyata bahwa Kementerian Agama RI khususnya Jawa Barat terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," tuturnya.

Ia beranggapan bahwa dengan adanya penghargaan ini maka Kementerian Agama yang sedang disorot dengan pemberitaan negatifnya dapat dianulir dengan membuktikan bahwa Kementerian Agama sudah melakukan pelayanan masyarakat yang transparansi dan keterbukaan.

"Prestasi ini merupakan salah satu upaya pencitraan positif Kementerian Agama untuk mengembalikan trust atau kepercayaan dari masyarakat," ucapnya.

Maka dari itu, Romdony mengapresiasi penghargaan tersebut dengan berharap insan kehumasan Kementerian Agama Jawa Barat terus melaksanakan tusinya dengan inovasi dan kreativitas.

"Saya berharap tahun depan Humas Kementerian Agama Jawa Barat tidak lagi meraih peringkat 2 tetapi peringkat 1 dan juga dapat meraih prestasi lainnya. Teruslah berkarya dalam menyajikan dan memberikan pelayanan data dan informasi untuk masyarakat," harapnya yang penuh motivasi.

Penghargaan Piala Humas Jabar 2019 digelar pada Hari Jumat tangga 09 Agustus 2019 di Hotel Trans Luxury Bandung atas gagasan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ajang ini merupakan wujud apresiasi kepada insan informasi antara lain humas, protokol, dan jurnalis se-Jabar.

Kontributor: Novam Scorpiantrien