3P Kunci MAN 1 Bekasi Untuk Meningkatkan Pembiasaan Karakter Siswa

Senin, 12-08-2019 | 16:05:02

Cikarang Utara (INMAS Kab. Bekasi)

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bekasi menggelar shalat Idul Adha pada Ahad (11/8) pagi bertepatan dengan 10 Dzulhijah 1440 H di halaman sekolah. Hal tersebut dilaksanakan sebagai pembiasaan kepada para siswa yang memang menjadi program tahunan sekolah. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1 Bekasi), Drs.H. Badru Tamam, M.Pd diakhir kegiatan.

Drs. H. Badru Tamam, M.Pd mengatakan bahwa sesuai dengan tema kutbah dimana pihaknya memang menginginkan semua keluarga besar MAN 1 Bekasi bisa meneladani kehidupan keluarga Nabi Ibrahim As dalam Pendidikan Karakter dimana memang sekarang bulanya Idul Adha.

Bahkan lanjut H. Badru menjelaskan bahwa pihaknya selalu menekankan pemahaman tentang pentingnya meneladani para nabi dan qurani sebagai pedomannya, bahkan ada kalanya adanya 3P yakni pemaksaan, pembiasaan dan pemahaman dimana hal tersebut akan menjadi arah yang benar, sehingga dapat menuntun jalan yang baik di dunia maupun di akhirat.

Badru menjelaskan bahwa pemaksaan sendiri merupakan hal awal supaya para keluarga besar Mantusi ikut melaksanakan, yang akhirnya akan tertanam perilaku pembiasaan yang baik terhadap ketaqwaan mereka, dimana akhir dari semua itu nantinya ialah rasa pemahaman terhadap ketaqwaan mereka pada sang penciptanya, yang mana tergantung kemauan dan keinginan dari mereka sendiri.

"Pihaknya hanya ingin meningkatkan ketaqwaan semua keluarga besar Mantusi dengan cara pemaksaan pembiasaan dan pemahaman atau 3P yang dilakukan untuk mendisiplinkan serta menumbuh kembangkan ketaqwaan." ungkapnya.

H. Badru mengatakan pihaknya selalu terus berusaha untuk membumingkan serta menyakralkan nilai-nilai quranik dan profetik, dimana para nabi sebagai suri tauladan dan quranik sebagai panduan sebagaimana visi Mantusi yakni setiap aktivitas harus bersendi dan bernuansa ajaran Islam.

Dengan shalat Idul Adha berjamaah pihaknya juga ingin menanamkan pembiasaan yang mana merupakan bagian dari aktivitas madrasah yang dilakukan guru dan siswa untuk menciptakan budaya religius di sekolah.

H. Badru menjelaskan bahwa pembiasaan shalat berjamaah dilakukan untuk mendidik karakter siswa, sehingga mereka terbiasa dan terlatih dengan praktek ibadah dan berjamaah.

“Dengan praktek shalat beserta rangkaiannya, siswa diajari kedisiplinan untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual yang nantinya bisa menjadi penuntun jalan di dunia dan akhirat,” ungkapnya.

Bahkan lanjut H. Badru mengatakan bahwa pihaknya selalu memiliki perhatian yang besar terhadap peringatan hari besar islam dan juga nasional, apalagi bulan ini merupakan bulan Raya Idul Adha. Sebab Idul Adha memiliki makna sosial yang tinggi. Melatih siswa untuk berempati dan berbagi kepada sesama yang kurang beruntung.

“Kita berharap dalam peringatan hari raya Idul Adha kali ini akan semakin memperkokoh pendidikan karakter siswa serta semua civitas akademik MAN 1 Bekasi.” harapnya.

 

Kontributor : Heri (Guru Sejarah MAN 1 Bekasi)