Kabupaten Tasikmalaya gelar Itsbat Nikah Masal

Jumat, 19-07-2019 | 15:17:41

Singaparna (INMAS Kab. Tasikmalaya)

Karena tuntutan masyarakat semakin tinggi mengenai ketentuan identitas hukum bagi pasangan suami istri yang tidak tercatat di Kantor Urusan Agama, Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya Gelar Sidang Itsbat Nikah di Islamic Center, Jum'at (19/07/19)
Penyelenggaraan ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya dan Pengadilan Agama Kabupaten Tasikmalaya.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Usep Saepydin Muhtar, M.Pd manyampaiakan bahwa untuk diakuinya status secara hukum dan bersangkutan memiliki buku Nikah, namun demikian secara prinsip bahwa pencatatan pernikahan itu dilaksanakan oleh Kantor Urusan Agama sehingga tidak ada lagi pernikahan yang tidak tercatat di Kantor Urusan Agama.
"Pasangan suami istri yang ingin perkawinanya dicatat di KUA dan mendapat salinan buku Nikah memerlukan penerapan Itsbat Nikah dari Pengadilan agama. Sedangkan mayoritas permohonan Itsbat Nikah yang dilakukan masyarakat ke Pengadilan agama melalui pelayanan terpadu adalah dari kalangan yang tidak mampu secara financial." Kata Usep saat dijumpai usai Upacara Pembukaan Itsbat Nikah.

Sementara itu Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP mengemukakan bahwa sinergitas Pemerintah Daerah dengan lembaga vertikal akan terus dioptimalkan. Ketiga instansi terkait menyelenggarakan pelayanan terpadu pada hari ini, dengan adanya pelayanan terpadu dan kerjasama tentunya akan memberikan kepastian identitas hukum kepada masyarakat, sehingga tercipta administrasi kependudukan yang teratur.

"Pelayanan terpadu sangat besar manfaatnya terutama untuk kalangan masyarakat, Hal ini memudahkan bagi anak-anak kita terutama dalam proses administrasi pendidikan, selain itu juga manfaatnya dapat memangkas biaya, mendekatkan layanan pada masyarakat yang membutuhkan dan menyederhanakan proses demi terciptanya pelayanan maksimal bagi masyarakat sehingga menghasilkan penataan administrasi yang teratur kedepan." Kata Bupati dalam sambutannya.

Pelaksanaan dilaksanakan secara serentak, dimulai dengan pemanggilan para peserta Itsbat untuk dilaksanakannya sidang, dengan dihadiri oleh 2 saksi diawali dengan pengambilan sumpah.

Kontributor:Fajri Adi Nugraha