Gabung Bandung, Jemaah Haji Kota Cirebon Terbang Akhir Juli

Selasa, 16-07-2019 | 16:04:10

Jl. Terusan Pemuda (By-Pass) (INMAS Kota Cirebon)

Jemaah haji Kota Cirebon diproyeksikan terbang ke Tanah Suci pada pekan terakhir bulan Juli, atau tepatnya 29 Juli 2019. Berkenaan dengan ini, Panitia Persiapan Ibadah Haji (PPIH) Kota Cirebon menggelar rapat akbar di Aula Kankemenag Kota Cirebon (16/7).

Rapat dihadiri oleh seluruh unsur yang bertanggung jawab secara langsung dalam memastikan kelancaran keberangkatan dan kepulangan ibadah haji, dari dan ke Embarkasi Bekasi. Di antara unsur tersebut hadir utusan dari Pemda Kota Cirebon, Korem 063/SGD, Polresta Cirebon, Dinkes Kota Cirebon, Dishub Kota Cirebon, Satpol PP, KBIH se-Kota Cirebon, dan unsur Kemenag Kota Cirebon itu sendiri.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Drs. H. Moh. Mulyadi, M.M.Pd. mengatakan bahwa jemaah haji Kota Cirebon tahun ini tidak lagi bergabung dengan jemaah haji Kota Bekasi seperti tahun sebelumnya, melainkan jemaah haji Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Bandung.

“Tahun ini, jemaah haji Kota Cirebon yang diberangkatkan berjumlah 338 orang, ditambah petugas sebanyak 6 orang. Ke 344 orang tersebut akan bergabung dengan 56 orang dari Kabupaten Bandung dan 10 orang dari Kabupaten Cirebon, sehingga jumlah totalnya 410 orang yang tergabung dalam kloter 74/JKS,” ungkapnya.

Lebih lanjut mantan Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Cirebon tersebut meminta seluruh personal dalam kepanitiaan bekerja keras menyukseskan proses keberangkatan dan kepulangan jemaah haji.

Sementara itu Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, H. Jajang Badruzaman, M.Ag. selaku ketua pelaksana harian PPIH Kota Cirebon menyoroti manajemen waktu keberangkatan truk koper jemaah haji. Pasalnya, pengerjaan konstruksi masih berlangsung di Tol Cikampek, yang berimbas pada kemacetan dan durasi perjalanan yang sulit diprediksi.

“Jika sebelumnya truk diberangkatkan siang, kita akan berangkatkan lagi lebih pagi,” ungkapnya.

Rapat akbar dihadiri pula oleh Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Cirebon, Ali Syamsu Aliamsyah, SH selaku pembina PPIH Kota Cirebon. Dirinya mengungkapkan dukungan terhadap kiprah personel PPIH selama kegiatan ini berlangsung. Terlebih dalam rapat akbar, para personel mengenali deskripsi pekerjaannya masing-masing sekaligus memahami prosedur pelaksanaan agar tiap-tiap sendi tugas bisa saling menyokong dan melengkapi sebagai tim.

 

Kontributor : Haji Arif Arofah