Matsanda Kota Cirebon Gelar Matsama, Targetkan Siswa Berkualitas

Senin, 15-07-2019 | 10:10:08

Jl. Terusan pemuda (By-Pass) (INMAS Kota Cirebon)

Hari ini (15/7) menjadi hari yang penting bagi 256 siswa-siswi baru MTsN 2 Kota Cirebon, atau biasa disebut Matsanda. Pasalnya, ini menjadi awal yang penting bagi mereka menjalani hari-hari sebagai siswa madrasah berseragam putih biru.

Berkenaan dengan ini, pihak Matsanda pun menggelar program ta’aruf dengan tajuk Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) MTsN 2 Kota Cirebon.

Sebagaimana sub-tema yang diusung, yakni “Melalui matsama, kita wujudkan siswa yang berkarakter, berdedikasi dan bertanggungjawab menuju madrasah hebat bermartabat.” diharapkan para siswa baru terpicu semangatnya untuk menjadi individu-individu yang unggul dan berprestasi.

Pelaksanaan Matsama diawali dengan pelaksanaan upacara bendera bersama, dimana para siswa baru dipersilahkan untuk mengenakan seragam dari jenjang sebelumnya.

Dalam sambutannya, Kepala Matsanda (MTsN 2) Kota Cirebon, H. Ja'far Musaddad, M.Pd.I menyebutkan pentingnya matsama bagi pembekalan wawasan siswa.

“Hal yang terpenting dalam Matsama adalah pembekalan wawasan kepada siswa bahwa madrasah merupakan wiyata mandala (lingkungan pendidikan). Karenanya siapapun yang menjadi bagian dari keluarga Matsanda tidak boleh memiliki tujuan selain tujuan pendidikan dan menjunjung tinggi citra dan martabat matsanda kapanpun dan dimanapun berada,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ja’far menyatakan bahwa Matsanda senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas melalui tiga ranah tarbiyah, yaitu tarbiyah ruhiyah (olah jiwa), tarbiyah aqliyah (olah pikir) dan tarbiyah jismiyah (olah raga). Ketiga ranah ini saling berkelindan dalam rangka mewujudkan siswa madrasah yang berbudi baik, cerdas, dan terampil.

 

Kontributor : Haji Arif Arofah & Humas MTsN 2 Kota Cirebon