Katering JH Siapkan 50 kg Beras Untuk 1 Kloter

Sabtu, 13-07-2019 | 22:44:44

Jl. Kemakmuran (INMAS Bidang PHU)

Penyediaan layanan katering untuk jemaah haji merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan jemaah haji. "Makanan yang disediakan diawasi oleh Tim Kesehatan dan menu pun ditentukan dari PPIH bahkan ada ahli gizi untuk menghitung kandungan gizi pada makanan tersebut," jelas Yuniati Sekar selaku Project Manajer CV Cipta Sarina Vidi, Jumat (12/7), di dapur Embarkasi Jakarta Bekasi.

Menurut Yuni layanan katering menyediakan 50 kg atau 1 sak beras untuk 1 kloter jemaah haji. "Jadi kalau sampai 4 kloter dalam sehari maka kami harus menyiapkan sekitar 200 kg beras serta lauk pauknya dan kue sebagai makanan selingan," ujarnya.

Jemaah haji berada di Embarkasi Jakarta Bekasi selama kurang lebih 18 jam sehingga mendapatkan 3 kali makanan berat dan 2 kali snack perhari, Ia menerangkan penyajian makanan ini ada yang prasmanan dan dikotak tergantung dari jam kedatangan jemaah haji.

"Makanan yang disajikan juga memiliki masa kadaluarsa selama 6 jam sejak makanan tersebut disajikan, sehingga kualitas makanana tetap terjaga. Bahkan makanan dimasak dadakan sesaat jemaah haji datang," tuturnya.

Bahan makanan yang dipilih pun menurutnya berasal dari sekitar Kota Bekasi tetapi ada juga yang berasal dari Yogyakarta kota asal perusahaan katering ini. "Beras dan daging kami kirim dari Yogyakarta karena kami sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan tersebut," ucapnya.

Menu yang disajikan kata dia beragam, mulai dari makanan berat seperti ayam, ikan, telur, sayur serta buah-buahan dan air mineral, ditambah makanan ringan seperti roti, brownies, kroket, donat.

"Setiap makanan yang disajikan ada pengujian standar mutu makanan dari KKP Kelas II Kota Bandung agar setiap makanan yang disajikan sudah sesuai takaran gizinya," ungkap Yuni.
Selain itu, Yuni juga bersyukur jadwal kedatangan jemaah haji bisa tepat waktu sehingga makanan yang disajikan pun sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Kontributor: Novam Scorpiantrien