Masih Ada Saja JH Jabar Bawa Rice Cooker

Jumat, 12-07-2019 | 13:28:52

Jl. Kemakmuran (INMAS Bidang PHU)

Setiap tahun penyelenggaraan ibadah haji, Kementerian Agama selalu mengingatkan jemaah haji untuk tidak membawa barang-barang elektronik yang tidak diperlukan. "Kementerian Agama sudah menyediakan layanan katering untuk jemaah haji di tanah suci, bahkan tahun ini jemaah haji akan mendapatkan makanan dengan cita rasa daerahnya masing-masing," ungkap Kepala Bidang PHU, H. Ajam Mustajam, selaku Sekretaris PPIH Embarkasi Haji Jakarta Bekasi Tahun 1440H/2019M pada saat penerimaan jemaah haji.

Walaupun sudah disediakan layanan katering di tanah suci, masih saja ada jemaah haji Jawa barat yang mencoba membawa rice cooker, pemanas air bahkan membawa beras dan minyak goreng. Terlihat dari barang sitaan hasil pemeriksaan x ray pada koper besar jemaah haji.

"Sampai saat ini barang sitaan yang sudah terdata yakni setrika 10 buah, kemudian pemanas air 29 buah, kemudian rice cooker kecil 13 buah," ujar Kepala Bidang Perbekalan PPIH Asrama Haji Embarkasi Bekasi, H. Anwar Sanusi, Kamis (9/7).

Lelaki yang akrab di sapa Anwar pun menginformasikan bahwa barang sitaan ini dapat diambil kembali pada saat pemulangan jemaah atau diambil oleh saudaranya.

Mengenai perihal temuan barang sitaan, Anwar pun menyampaikan bahwa hampir setiap tahun pasti ditemukan rice cooker, pemanas air, setrikaan, terkadang ada juga pengering rambut, dan barang elektronik lainnya.

"Padahal sebelum operasional ibadah haji kita selalu mensosialisasikan kepada petugas kloter, KBIH, dan jemaah haji untuk tidak membawa barang-barang yang sudah disebutkan tadi," pungkas.

Menurut pengakuan salah seorang jemaah yang berasal dari Kloter 18 Kab. Subang, Dedeh, rice cooker yang dibawanya merupakan saran dari saudaranya yang sudah pernah berhaji. "Takutnya ibu disana ga bisa makan," ucapnya sambil tersipu malu.

Berdasarkan keterangan pihak Imigrasi pada saat persiapan Embarkasi Haji Jakarta Bekasi bahwa barang-barang yang tidak diperbolehkan adalah rice cooker, pemanas air, setrika, pengering rambut, dan rokok yang diperbolehkan untuk dibawa maksimal 200 batang atau 2 slop.

Kontributor: Novam Scorpiantrien