Tinjau Fasilitas Asrama Haji Bekasi, Komisi VDPRD Jabar Anggarkan Renovasi

Kamis, 11-07-2019 | 19:46:37

Jl. Kemakmuran (INMAS Bidang PHU)

Pada Hari Selasa (9/7), Rombongan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Komisi V melakukan kunjungan kerja ke UPT Asrama Haji Bekasi. Berbarengan dengan pelaksanaan pemberangkatan jemaah haji Jawa Barat, Rombongan juga mengambil kesempatan untuk melihat langsung proses penerimaan jemaah haji sampai dengan pembagian paspor, visa, gelang, dan living cost.

Rombongan anggota DPRD yang berjumlah 6 orang disambut langsung oleh Kepala UPT Asrama Haji Bekasi, H. Dede Saiful Uyun, yang didampingi oleh Kasubbag Keuangan, Hj. Kania Budhi Utami. Pada kunjungannya, Dede Uyun, biasa disapa menjelaskan kepada rombongan tersebut mengenai fasilitas dan sarana prasarana yang ada di Asrama Haji Bekasi.

"Kami sangat berterimakasih kepada seluruh Bapak Kepala UPT beserta pegawai yang telah menyediakan fasilitas serta sarana prasana bagi pelayanan jemaah haji," apresiasi K.H. Humaidi yang merupakan Anggota DPRD dari dapil Cianjur.

Sambil Berkeliling, rombongan anggota DPRD melihat langsung kondisi tempat penginapan di Asrama Haji Bekasi dari Mina A sampai dengan Mina E. Mereka langsung mengomentasi fasilitas kamar yang berbeda antara Mina A, B, C dengan Mina D, E yang merupakan dibangun dari dana SBSN yang dianggarkan pada tahun 2017.

Fraksi PPP tersebut pun menjelaskan bahwa maksud kedatangannya adalah untuk mengetahui kondisi Asrama Haji Bekasi sebagai dasar untuk membuat rencana anggaran tahun depan yang akan dialokasikan pembangunan asrama haji Bekasi.

"Seperti yang kita lihat bersama bahwa fasilitas pemondokan yang ada di Mina A, B, dan C dengan Mina D dan E sangat berbeda jauh. Maka dari itu, kita merencanakan akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan atau renovasi gedung lama tersebut," jelasnya.

Ia pun berpendapat bahwa seluruh jemaah haji harus menikmati fasilitas yang sama dan memadai sehingga jemaah haji merasakan kenyamanan selama di Asrama Haji Bekasi.

"Jadi kami bertekad dan Pak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menargetkan untuk tahun yang akan datang pelayanan jemaah haji harus terus ditingkatkan. Salah satunya dengan meningkatkan inovasi dan fasilitas Asrama Haji Bekasi," ungkapnya.

Pada kunjungan ini pun diketahui bahwa Sekretaris Komisi V DPRD Jawa Barat, H. Abdul Hadi Wijaya, didaulat sebagai Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) yang mengikuti Kloter 10 JKS asal Kab. Purwakarta.

"Saya ditugaskan langsung untuk menjadi petugas kloter mendampingi jemaah haji Jawa Barat dengan misi untuk mengetahui kondisi dan suasana jemaah haji Jawa Barat selama menjalankan ibadah haji di tanah suci," tuturnya.

Selain itu juga, tambahnya, hasil dari menjadi petugas kloter ini akan dijadikan bahan evaluasi pelayanan terhadap jemaah haji agar pada tahun yang akan datang Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat meningkatkan pelayanan jemaah haji tersebut.

Rombongan anggota DPRD Komisi V tersebut adalah K.H. Humaidi dari FPPP dapil Cianjur, H. Abdul Muiz dari FPKS dapil Kab. Sukabumi, Ir. Abdul Hadi dari FPKS, Syahromi dari Demokrat dapil Sumedang Subang, Ibu Eni dari F Demokrat dapil Kota Bandung, dan KH Nasir dari PKB.

Pada kesempatan berkelilingnya, rombongan tersebut pun mengunjungi jemaah haji yang sedang dirawat di Poliklinik 24 jam Asrama Haji Bekasi.

Kontributor: Novam Scorpiantrien