Silaturahmi Kemenag dengan Para Tokoh Agama di Kabupaten Tasikmalaya

Selasa, 11-06-2019 | 13:52:20

Singaparna (INMAS Kab. Tasikmalaya)

Acara halal bi halal menjadi tradisi yang tak terpisahkan saat lebaran atau idul fitri. Halal bi halal dapat dijadikan sebagai momentum untuk membersihkan dosa sosial terhadap sesama manusia. Halal bi halal juga merupakan salah satu kegiatan silaturahmi saat lebaran.

Seperti yang dilakukan oleh para Pejabat Kantor Kementerian Agama Kab. Tasikmalaya yaitu bersilaturahmi ke kediaman para tokoh agama di Kab. Tasikmalaya salah satunya ke kediaman Pengasuh sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Cipasung Singaparna, KH. Abun Bunyamin, Senin, (10/6/19).

Tidak hanya para pejabat, para ibu-ibu dharma wanita pun ikut mendampingi bersilaturahmi ke kediaman para tokoh agama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tasikmalaya, H. Usep Saepudin Muhtar mengatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh para pejabat kemenag setelah lebaran. Salah satu tujuannya untuk lebih mempererat tali silturahmi dengan para tokoh agama, karena kemenag dengan tokoh agama dalam hal ini Kiayi itu sesuatu yang tidak bisa dipisahkan.

Selain itu adanya kegiatan silaturahmi ini untuk menghormati jasa-jasanya atas perjuangan yang telah dilakukan. Kerena para Kiayi merupakan ujung tombak untuk membina masyarakat dalam masalah agama.

“Setelah lebaran menjadi hal yang sudah biasa dilakukan oleh para pejabat Kemenag Kab. Tasik bersilaturahmi ke kediaman para tokoh agama,” ungkapnya.

Sementara itu Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kab. Tasikmalaya, H. Yayat Kardiyat mengatakan acara seperti ini mungkin hal yang jarang dilakukan di daerah lain. Jadi tradisi ini perlu untuk dipertahankan.

“Saya baru merasakan bisa silaturahmi dengan para tokoh agama yang ada di Kab. Tasikmalaya setelah lebaran, ya meskipun sebelumnya sering ketemu, namun momen seperti baru karena memang saya baru dan ini harus dipertahankan,” pungkasnya.

 

Kontributor: Jaeni