Wagub Jabar : Kota Cirebon Jadi Next Jababeka

Jumat, 24-05-2019 | 09:30:34

Jl. Terusan Pemuda (By-Pass) (INMAS Kota Cirebon)

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum, SE. menyebut bahwa Kota Cirebon menjadi buah bibir di tingkat Provinsi Jawa Barat. Ini diungkapkan dalam lawatannya ke Kota Cirebon (23/5).

Menurutnya, Kota Cirebon memiliki aset sejarah dan melahirkan banyak pemimpin, khususnya pemimpin keagamaan. Lebih dari itu, Kota Cirebon juga memiliki aset besar di bidang ekonomi sehingga layak dijadikan The Next Jababeka.

“Potensi ekonomi Ciayumajakuning sangat besar, (dan) Kota Cirebon sudah menjadi pusat pertumbuhan Jawa Barat. Masyarakat banyak yang belanja disini, tidak hanya dari wilayah Ciayumajakuning, tapi juga dari Subang dan sekitarnya. Saya tahu karena selama safari Ramadhan saya tanya masyarakat kemana biasanya berbelanja pakaian bahkan mobil. Jawabannya adalah Cirebon,” terangnya.

Ini menjadi alasan bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk merealisasikan program Segitiga Rebana di Ciayumajakuning. Program ini berkaitan dengan pembangunan kawasan ekonomi khusus serupa Jababeka, namun dengan konsep yang lebih kompak.

Dirinya berjanji mencarikan investor guna segera merealisasikan Segitiga Rebana, sehingga beban Provinsi Jawa Barat dalam mewujudkan penyerapan tenaga kerja dapat diwujudkan.

Uu hadir di Kota Cirebon dalam rangka tarawih keliling (tarling) atau safari Ramadhan, dengan kegiatan yang dipusatkan di kompleks Masjid At-Taqwa Cirebon. Dirinya berkesempatan menyerahkan santunan bagi 60 santri yatim berupa paket yang berisi uang tunai dan buku iqro.

Sejumlah stake holder hadir menyambut, diantaranya Walikota Cirebon yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Drs. H. Asep Dedi, M.Si., Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Drs. H. Moh. Mulyadi, M.M.Pd., dan jajaran forkopimda dari Kota Cirebon dan sekitarnya.

 

Kontributor : Haji Arif Arofah/Deden F