Rapatkan Barisan, Kakanwil Kemenag Jabar dan Kapolda Jabar Bersilaturahmi

Rabu, 15-05-2019 | 11:57:36

Jl. Jend. Sudirman (INMAS Bagian Tata Usaha)

Kapolda Jawa Barat, Irjen Rudi Sufahriady, yang baru saja dilantik mengambil kesempatan untuk bersilaturahmi ke Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat. Tidak hanya datang sendiri, Pak Kapolda juga didampingi oleh 2 petinggi Polda Jabar yaitu Dir Binmas Polda Jabar, Kombes Pol. Badya Wijaya, dan Dir Intel Polda Jabar, Kombes Pol. Arif Rahman. Tamu kehormatan ini pun disambut hangat oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, H. A. Buchori, yang juga didampingi oleh pejabat eselon III di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, Rabu (15/5), di Aula Ussisa Al Maula Kanwil Kemenag jabar.

"Saya ucapkan selamat datang kepada Bapak Kapolda Jawa Barat di Kanwil Kemenag Jabar, semoga silaturahmi antara Polda Jabar dan Kanwil Kemenag Jabar dapat terjalin semakin erat, karena kedepannya nanti akan banyak program kerja yang saling berkaitan terutama mengenai pelayanan masyarakat di bidang agama dan keagamaan," ucap dan sapa Pak Kanwil kepada Pak Kapolda.

Pak Kanwil juga mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Pak Kapolda yang sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi jajaran Kementerian Agama Provinsi Jawa barat.

Selain itu, pada kesempatannya Pak Kanwil menjelaskan situasi yang ada di Jawa Barat mengenai isu keagamaan yang selalu menjadi pemicu konflik apalagi pada saat menghadapi pesta demokrasi yang tinggal menunggu akhir perhitungan KPU.

"Banyaknya isu dan hoaks yang beredar saat ini terutama masalah keagamaan menjadi perhatian penting bagi kami. Apalagi menurut data Litbang menyebutkan bahwa Provinsi Jawa Barat memiliki tingkat yang tinggi untuk intoleransi umat beragama. Maka saya harapkan dengan silaturahmi ini kita dapat bersinergi di lapangan untuk mengawasi dan menjaga stabilitas keamanan dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Pak Kanwil dihadapan para tamu undangan.

Sapaan dari Pak Kanwil pun direspon hangat oleh Pak Kapolda yang mengutarakan bahwa kunjungan yang dilakukannya merupakan salah satu perkenalan sekaligus mendekatkan diri agar kedepannya Polda Jabar dapat bekerja sama dengan Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat meredam isu-isu negatif dan konflik keagamaan yang ada pada masyarakat.

Pak Kapolda kelahiran Jawa Barat ini pun menegaskan bahwa apapun masalah yang ada harus dihadapi secara bersama-sama. "Karena dari unsur Kepolisian dan Pemerintah pasti sama-sama ingin menjaga negara ini tetap aman dan terkendali," ujarnya.

Maka dari itu, Pak Kapolda yang biasa di sapa Rudy ini pun menghimbau kepada pejabat Kepala Kankemenag Kab/Kota juga ikut bersinergi dengan kepolisian setempat.

Pertemuan singkat ini pun ditutup dengan diskusi mengenai kondisi yang terjadi di Jawa Barat serta solusi untuk mengatasi isu-isu keagaman yang ada. Selain itu juga, Kakanwil Kemenag Prov. Jabar dan Kapolda Jabar saling bertukar cinderamata sebagai tanda persahabatan.

Kontributor: Novam Scorpiantrien