Peringati Isra Mi’raj, Kakankemenag Kota Sukabumi Amanatkan Tiga Mantra Kementerian Agama

Jumat, 15-03-2019 | 14:29:34

Warudoyong (INMAS Kota Sukabumi)

Peringatan Isra Mi’raj dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi digelar lebih awal dibanding tahun sebelumnya yang digelar menjelang bulan Ramadhan. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Keluarga Besar Kementerian Agama Kota Sukabumi itu dilaksanakan di Masjid Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi, yaitu Masjid Al-Mukhlisin, Kamis (14/03/2019).

Menurut Kasubbag Tata Usaha, Rizal Yusup Ramdhan selaku ketua panitia, peringatan Isra Miraj sengaja digelar lebih awal agar dihadiri oleh seluruh Keluarga Besar Kementerian Agama Kota Sukabumi, terutama yang berada di KUA dan Madrasah.

“Sengaja kami adakan di awal bulan, agar kita dapat hadir semua, mengingat hari-hari ke depan saya fikir para penyuluh dan lainnya akan sibuk, banyak undangan mengisi ceramah peringatan Isra Mi’raj di masyarakat”, Terang Rizal pada laporan kegiatan tersebut.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi, A. Chalik Mawardi dalam sambutannya, mengamanatkan tiga mantra Kementerian Agama.

"Ada tiga mantra yang akan saya titipkan kepada Ibu/Bapak dan harus betul-betul dipegang dan menjadi ruh Keluarga Besar Kementerian Agama," Ungkap Chalik.

Mantra tersebut yaitu pertama, moderasi beragama karena itu sebagai sesuatu yang semakin memiliki relevansi dan urgensi yang tinggi di tengah-tengah kehidupan keagamaan.

Hal kedua yang diingatkan Chalik adalah kebersamaan. Kebersamaan diperlukan seiring dengan semakin munculnya keragaman ke permukaan kehidupan masyarakat. Perbedaan yang ada akibat adanya keragaman, harus diikat dengan kebersamaan.

"Di tengah besar, keras dan tajamnya perbedaan satu dengan yang lainnya. jadi sebagai umat beragama kita harus senantiasa diikat dengan kebersamaan karena kita sama-sama umat beragama," Ujarnya.

Dan ketiga, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Kementerian Agama kepada umat maka integrasi data menjadi hal mutlak. “Kementerian Agama memiliki data yang sangat besar tetapi belum terintegrasi dengan baik agar dapat digunakan dengan lebih maksimal”, Pungkasnya.

Kontributor: Fitra Nurjaman