Penyelenggara Syariah Kemenag Karawang Hadiri Pembinaan Amil dan PAI Non PNS Telukjambe Barat

Jumat, 15-03-2019 | 14:20:44

Telukjambe Barat (INMAS Karawang)

Kamis (14/03), KUA Telukjambe Barat mengadakan pembinaan Amil dan PAI non PNS yang dilaksanakan di rumah PAI Non PNS Ustad Ade Supiyana. Dalam pembinaan rutin kali ini menghadirkan pemateri Kepala Penyelenggara Syariah Kankemenag Kabupaten Karawang, H. Sanyoto.

Dihadapan para amil dan Penyuluh, Sanyoto menyampaikan PP Nomor 25 tentang ruislag wakaf dan peraturan BWI tentang pergantian para nadzir. Selain itu, Ia juga menegaskan perlunya Updating Data Wakaf yang ada di Siwak di wilayah Kecamatan Telukjambe Barat.

Untuk itu, diharapkan untuk membentuk Forum Nadzir Kecamatan dalam rangka memberikan dan bisa menyampaikan program-program Penyelenggara Syariah, diantaranya Pensertifikatan Tanah Wakaf, Permasalahan ruislag Tanah Wakaf, Penggantian Nadzir yang sudah meninggal dan hal-hal yang lain mengenai proses pembuatan Akta Ikrar Wakaf.

Ditambahkan pula oleh H. Agus Saeful Hud, staf Binsyar terkait Pengukuran Arah Kiblat, karena banyak Masjid dan Musholla yang arah Kiblatnya sedikit melenceng. Untuk lebih akuratnya, lebih baik diukur terlebih dahulu dengan menghubungi langsung ke bagian penyelenggara syariah.

Selanjutnya, Kepala Penyelengara Syariah memberikan arahan dan bimbingan kepada staf bagian wakaf dalam membuat update wakaf dalam program Siwak di KUA Telukjambe Barat.

Kepala KUA Telukjambe Barat, Abdul Karim mengucapkan terima kasih atas pembinaan yang dilakukan oleh Kepala Pembinaan Syariah, dengan antusias peserta yang hadir dalam bentuk berbagai pertanyaan sebagai respon positif perlunya pencerahan khususnya dalam masalah wakaf dan arah kiblat.

“Semoga pembinaan ini bisa memberikan hasil dan manfaat untuk masyarakat Telukjambe Barat dalam mengurus Wakaf dan memprosesnya dengan baik,” harapnya.

 

Kontributor : Denden/Abdul Karim