Bahas Peningkatan Mutu Pendidikan RA, IGRA Gelar Rakor

Senin, 11-02-2019 | 14:12:49

Jl. Jend. Sudirman (INMAS Bidang Pendidikan Madrasah)

“Besarnya IGRA Jawa Barat itu karena adanya campur tangan dari Kementerian Agama Jawa Barat,” ucap Ketua PW IGRA Provinsi Jawa Barat, Cicih Nuraini, disambut tepuk tangan para pengurus IGRA pada Kegiatan Rapat Koordinasi Pengurus Ikatan Guru RA (IGRA), Senin (11/02), di Aula Usisa Al Maula Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat.

Perempuan yang sangat lembut ini pun menceritakan sejarah pendirian IGRA di Jawa Barat yang menempuh perjalanan panjang dan kerja keras dari  Kementerian Agama. “Saya bercerita seperti ini agar kita semua mengetahui bahwa perjuangan IGRA tidaklah mudah sehingga kita harus mempertahankannya dan peran Kementerian Agama dengan IGRA tidak dapat dipisahkan,” tuturnya penuh semangat.

Masih pada Pembukaan Rakor IGRA, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, H. A. Buchori yang didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Abudin, memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi. Pada sambutannya, Pak Kanwil mengawali dengan menuturkan tugas pokok Kementerian Agama yaitu membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia dibidang agama dan keagamaan.

“Sesuai dengan tugasnya, maka satuan kerja beserta unitnya yang berada di bawah Kementerian Agama harus memiliki program kerja yang sesuai dengan visi misi Kementerian Agama,” ujarnya.

Ia pun melanjutkan bahwa pembangunan agama dan keagamaan yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama yaitu mengenai toleransi antar umat beragama. “Ajarkan anak-anak dari sedini mungkin cara menghormati antar umat beragama, tentunya dengan bahasa dan pengajaran yang dapat mereka pahami,” tuturnya.

“Jangan berikan pemahaman-pemahaman tertentu yang akhirnya malah merusak pemikiran anak-anak RA, karena menjadi guru RA tugasnya sangat berat. Bukan berarti saat anak itu selesai RA maka selesai pula pengajarannya, tetapi hasil pengajaran itu akan dibawa oleh anak-anak RA hingga besar nanti,” ungkapnya dengan tegas.

Maka dari, tambahnya, Rapat Koordinasi ini penting dilakukan untuk menyamakan visi misi antara sistem pengajaran RA dan Kementerian Agama.

Kegiatan yang dilaksanakan full day ini dihadiri oleh seluruh Pengurus Daerah IGRA Kab/kota se-Jawa Barat.

Kontributor: Novam Scorpiantrien