Outing Class YPI Darurrahman; Belajar sambil Bermain Di Ruang Terbuka

Jumat, 11-01-2019 | 18:26:59

Jakarta Pusat, (INMAS Kota Bekasi)

Fatur (4 Tahun) siswa RA Darurrahma kelas A terus berusaha memindahkan karet yang ada di sedotan menggunakan mulutnya ke sedotan di mulut kawannya. Bersusah payah ia melakukan kegiatan tersebut. Sementara terdengar sorak sorai orang tua siswa memberi semangat. Itulah gambaran kegiatan outing Class RA Darurrahman Bekasi Barat. Siswa usia dini ini diperkenalkan belajar sambil bermain di Ruang terbuka. Kegiatan motorik, merupakan salah satu yang dilakukan dalam Outing Class, Rabu (09/01) di Monas dan Planetarium Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat.

Outing Class merupakan salah satu agenda kegiatan yang dijadwalkan Ra Darurrahman bersama sama dengan MI Darurrahman. Kepala Sekolah RA Darurrahma Choirunnisa mengatakan, setelah kegiatan di Monas, akan dilanjutkan ke Planetarium taman ismail Marzuki Jakarta Pusat. Untuk jadwal pertunjukkannya, RA dan MI Darurrahman mendapat jadwal menonton pada pukul 13.30 Siang.

‘Kita dijadwalkan jam setengah dua nanti, jadinya sebelum jam itu kita harus sudah tiba di TIM,” Ujar Bu Nisa demikian ia kerap disapa.

Di Planetarium, siswa-siswi diperkenalkan dengan benda-benda langit  dan system tata surya di galaksi Bimasakti. Selain system tata surya siswa siswi diperkenalkan juga dengan nama-nama rasi bintang. Pada pertunjukkan tersebut, terasa sekali siswa-siswi antusias dan senang hati mendengarkan penjelasan pemandu film. Setiap kali muncul gambar tata surya, komet, meteor atau rasi bintang di langit-langit Planetarium terdengan siswa siswi bertepuk tangan dan berteriak kagum.

Salman Al Rasyid Sutadi misalnya, sepanjang pertunjukkan matanya tak lepas dari fil tata surya di layar putih berbentuk setengah lingkaran itu. Ia berdecak kagum ketika bintang bintang mulai bergerak. Dirinya seperti tengah diajak berjalan jalan diatas langit. Selain pergerakan itu Salman juga sangat senang dengan gambar gambar rasi bintang. Bahkan ia bertanga dan menyukai rasi bintang centaurus, sebuah rasa bergambar kuda berkepala manusia.

Seperti diketahui Outing Class merupakan salah satu program pembelajaran yg bertujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreativitas siswa. Selain itu outing class merupakan metode belajar yg menyenangkan, mengajarkan kepada siswa untuk lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar.

Dengan kegiatan Outing Class ini diharapkan siswa  dapat memperoleh ilmu pengetahuan dengan cara yang berbeda. Outing class dapat di terapkan disemua mata pelajaran. Selama proses pembelajaran outing class, guru dan siswa lebih dapat membangun kedekatan, lebih fresh dan tentunya menyenangkan.

Kontributor : Evi Agustin