Kakankemenag : Sehebat Apapaun Kegiatan Tanpa Laporan, Diangap Tidak Dilaksanakan

Kamis, 06-12-2018 | 16:29:08

Tawang (INMAS kota Tasikmalaya)

Sehebat apapun kegiatan tanpa adanya laporan yang rapih dan benar maka saya anggap kegiatan tersebut tidak dilaksanakan, demikian disampaikan Kepala Kankemenag Kota Tasikmalaya, Hilmy Riva’i dihadapan peserta Rapat Penyerapan Anggaran dan Ketersediaan Laporan SPJ / LPJ DIPA tahun Anggaran 2018, Senin (3/12) bertempat di ruang Rapat Kepala Kantor. Rapat ini diikuti oleh para Kepala Seksi dan Penyelenggara, Pengelola keuangan, penyusun laporan dan pengelola barjas.

Berdasarkan laporan dari semua satuan kerja Kakankemenag menyimpulkan bahwa rata – rata tiap satker sudah menyerap anggaran DIPA hamper 89 persen, meski belum semua terserap namun ia sangat mengapresiasi. Sisa anggaran yang belum terealisasi ia harapkan bisa segera dicairkan baik itu untuk belanja barang ataupun belanja modal.

“Kalau untuk belanja pegawai pasti belum terealisasi, itu wajar karena kan masih ada satu bulan lagi gaji dan tunjangan yang harus diberikan”, ujarnya.

Hilmy juga mengingatkan seluruh peserta rapat tentang pentingnya tertib administrasi pelaporan, untuk mewujudkan akuntabilitas dan tertib administrasi khususnya bidang keuangan sehingga diharapkan pembuatan laporan keuangan di masa yang akan datang semakin baik. Tertib administrasi ini adalah salah satu upaya untuk terus mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) hasil pemeriksaan BPK.

“Untuk meraih hasil pemeriksaan dengan opini WTP tersebut maka seluruh satuan kerja di bawah Kementerian Agama  i harus tertib administrasi dan tertib pengelolaan dan laporan keuangan.

 Kontributor : Yeni Rohayati