Kemenag Upayakan Perbaikan Kualitas Pelayanan Ibadah Haji

Kamis, 11-10-2018 | 08:35:21

Tawang (INMAS Kota Tasikmalaya)

Kota Tasikmalaya tahun 2018 memberangkatkan jemaah haji yang terbagi dalam  4 kelompok terbang yaitu kloter 2, kloter 48, kloter 82 dan kloter 93 alhamdulillah tahun ini semua jemaah haji bisa pulang kembali ke tanah air, demikian disampaikan Kepala Kankemenag Kota Tasikmalaya, Hilmy Riva’i di ruangannya, Selasa (09/10). Secara pribadi dan atas nama lembaga ia memberikan apresiasi setinggi – tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Ibadah Haji.

Ia mengaku telah mengidentifikasi kendala dan permasalahan yang muncul dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, semua dijadikan bahan masukan untuk memperbaiki kualitas pelayanan ibadah haji tahun selanjutnya. Kemenag sudah berpuluh – puluh tahun memberikan pelayanan ibadah haji namun ada saja permasalahan yang muncul. Hal ini menurutnya  terjadi karena objek pelayanan yang tidak sama.

“Jemaah haji yang kita layani dari tahun ke tahun terus berbeda, orang yang berbeda dan karakter yang berbeda pula”, imbuhnya.

Ke depannya Hilmy minta kepada KBIH untuk lebih menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian Agama sehingga bisa satu kata dalam memberikan pelayanan kepada jemaah. Lebih jauh ia mengingatkan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji untuk tidak memprovokasi ketika ada kendala dalam pelayanan kepada jemaah, contohnya tahun ini ada distribusi buku manasik yang gagal. KBIH bersama dengan Kemenag diharapkan bisa memberikan penjelasan yang lengkap dan utuh kepada jemaah.

“Kita upayakan jemaah haji faham terhadap kondisi yang terjadi, karena yang mereka butuhkan itu penjelasan”, jelasnya.

Terakhir hilmy mengucapkan terimakasih kepada para jemaah haji asal Kota Tasikmalaya yang telah berkerjasama dan mengikuti semua peraturan selama melaksanakan ibadah haji. Sikap patuh terhadap aturan ini memudahkan para petugas dalam menunaikan kewajiban baik ketika masih di tanah air maupun di Arab Saudi. Ia juga mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh jemaah haji atas kekurangan dalam memberikan pelayanan penyelenggaraan Ibadah haji.

“Kami dari Kemenag dan seluruh pihak telah berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan prima, namun pastinya banyak sekali kekurangan dan mohon untuk dimaafkan”, pinta Hilmy.