Dalam Rumah Tangga, Komitmen Bersama Pasutri Diperlukan

Jumat, 14-09-2018 | 14:58:48

Jl. Terusan Pemuda-By Pass (INMAS Kota Cirebon)

Hari ini (14/9) hingga esok hari Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam menyelenggarakan Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin Tingkat Kota Cirebon di aula Kankemenag Kota Cirebon.

Fasilitator Aisyah, S.Pd.i M.Pd. menyebutkan perlunya komitmen bersama dalam membina rumah tangga diperlukan kehadirannya. Komitmen semacam ini dapat menjadi salah satu cara untuk membangun komunikasi  yang positif bagi pasangan suami istri.

Lebih lanjut Aisyah juga menyebutkan bahwa komitmen bersama dapat meminimalisir terjadinya perselisihan dalam rumah tangga.

“Komitmen bersama memberi dorongan yang positif bagi suami dan istri untuk duduk bersama dalam mendiskusikan berbagai hal berdasarkan kesepakatan bersama,” ujarnya di hadapan pasangan catin asal Kota Cirebon.

Aisyah juga mengatakan bahwa komitmen bersama dapat pula memberi dorongan positif kepada pihak lain di luar suami dan istri, misalnya orangtua dan mertua. Ia mencontohkan, seringkali seorang suami/istri merasa keberatan jika pasangannya menyisihkan sebagian rejeki bagi orangtua. Bukan tidak mungkin hal ini menimbulkan perselisihan.

Dengan komitmen bersama, hal ini dapat diminimalisir, manakala suami dan istri mendiskusikan bersama tentang niatan tersebut. Apalagi berbagi kepada orangtua dan mertua merupakan perbuatan yang sangat terpuji.

Komitmen bersama juga melatih suami dan istri untuk terbiasa dalam budaya teamwork, sehingga keduanya dapat bahu membahu dalam meningkatkan keharmonisan dalam keluarga.

Kontributor : Haji Arif Arofah