Kebutuhan Rumah Tangga Tidak Sebatas Cinta

Jumat, 14-09-2018 | 14:57:48

Jl. Terusan Pemuda-By Pass (INMAS Kota Cirebon)

Berbicara tentang rumah tangga tidak hanya sebatas urusan cinta dan kasih sayang, tetapi ada hal-hal lain berkaitan dengan kebutuhan yang harus dipenuhi dalam rumah tangga.

Hal tersebut disampaikan oleh Riana Anom Sari, SE di hadapan ke-20 pasang calon pengantin yang mengikuti Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin Tingkat Kota Cirebon di aula Kankemenag Kota Cirebon (14/9)

Narasumber yang juga kepala Seksi PD Pontren Kota Cirebon tersebut mengatakan bahwa cinta dan kasih sayang jelas merupakan kebutuhan juga, bagian dari kebutuhan immateriil. Namun ada juga kebutuhan dalam keluarga berupa kebutuhan materiil seperti pangan, sandang, dan papan.

“Secara alamiah, laki-laki sebagai kepala keluarga bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Suami melakukan ikhtiar untuk mencari nafkah halal bagi keluarganya. Sah-sah saja istri juga ikut membantu cari nafkah, tentunya atas persetujuan suami.”

Riana menekankan pentingnya kerja sama tim bagi pasangan suami istri dalam pemenuhan kebutuhan keluarga. Dalam hal ini turut dilaksanakan pembagian peran bagi seorang suami/ayah dan istri/ibu sehingga keduanya dapat satu irama dalam meraih kebutuhan keluarga.

Ada masa tertentu baik suami maupun istri tidak mampu menjawab tantangan zaman dalam meraih kebutuhan keluarganya.

“Satu hal penting untuk mengatasi itu adalah tetap bertawakal dan tidak saling menyalahkan,” pungkasnya.

Kontributor : Haji Arif Arofah