Kloter Krusial, Ketua IPHI Banjar Serahkan JCH Kepada PPIH Inti

Jumat, 10-08-2018 | 14:51:35

Jl. Kemakmuran (INMAS Bidang PHU)

Kedatangan lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan, Kloter JKS 82 asal 3 kab/kota berbeda disambut langsung oleh PPIH Embarkasi Jakarta Bekasi yaitu Sekretaris PPIH Embarkasi Jakarta Bekasi, H. Ajam Mustajam. Kloter ini pun langsung diserahkan oleh Ketua IPHI Kota Banjar, H. Herman Sutisno yang juga merupakan mantan Walikota Banjar.

Pada penyerahannya, Herman Sutisno mengucapkan Alhamdulillah karena kedatangan yang terlalu cepat ini dapat disambut langsung oleh PPIH sehingga diharapkan para Jemaah dapat langsung diprosesndan memiliki waktu yang lama untuk beristiarahat.

“Saya berharap para Jemaah selalu dalam keadaan sehat walafiat sehingga ibadah haji dapat dilaksanakan dengan baik dan kembali lagi di tanah air dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur,” harap mantan Walikota Banjar.

Kabid PHU yang juga menjabat sebagai Sekretaris PPIH Embarkasi Jakarta Bekasi langsung menyapa para Jemaah yang masih terlihat kelelahan. Ia menyapa dengan guyonanannya khas agar para Jemaah tetap bersemangat dalam menjalankan proses ibadah haji ini.

“Selamat datang saya ucapkan kepada bapak dan ibu di Asrama Haji Bekasi. Saya terima bapak dan ibu di Asrama ini dan nantinya akan diproses administrasi yang menjadi persyaratan untuk diberangkatkan menuju tanah suci,” tutur Ajam.

Ia pun mengungkapkan bahwa Kloter JKS 82 merupakan kloter yang sangat krusial karena berasal dari 3 kota yang berbeda yaitu Kota Banjar, Kota Tasikmalaya, dan Kota bekasi sehingga dapat dipastikan tidak hanya kelompok bimbingan saja yang berbeda tetapi daerah yang berbeda dan kebiasaan yang berbeda dapat memicu pengelompokan.

“Dalam menjalankan ibadah haji tidak ada Jemaah yang dibedakan berdasarkan apapun sehingga mau dari mana pun daerahnya harus dapat menyatu dan saling tolong menolong. Jadi jangan ada nanti yang mengusir Jemaah lain hanya karena berbeda daerah,” ungkap Ajam dengan tegas.

Masih pada sambutan yang sama, Ajam mengingatkan petugas kloter untuk dapat melayani Jemaah dengan baik dan telaten. “Terutama pada gelombang 2 ini jemaah sudah harus langsung menggunakan pakaian ihram dari embarkasi, maka petugaslah yang harus mengingatkan Jemaah,” ujar Ajam.

Ajam pun menyinggung bencana alam yang terjadi di NTB yang menggugah rasa empati Jemaah agar dapat memberikan bantuan dengan ikhlas.

Hadir pada seremonial penerimaan ini Kepala Kankemenag Kota Banjar, H. Yudhi Yusupyandi, Kasi Haji Kota Banjar, H. Endang Syarif Hidayat, dan Kasi Haji Kota Tasikmalaya, Asep Toni Supriatna. Pada akhir seremonial penerimaan, Ketua IPHI Banjar tampak mendatangi dan menyapa langsung para JCH Kloter JKS 82.

 

Kontributor: Novam Scorpiantrien