MAN Kota Cimahi gelar pendampingan dan pembinaan Tim Auditor Inspektorat Jenderal Kemenag RI

Jumat, 08-06-2018 | 14:25:50

Jalan kamarung (INMAS Kota Cimahi)

Kepala MAN Kota Cimahi, Dra. Hj. Eulis Nurhasanah, M.Pd. memandu kegiatan Pendampingan dan Pembinaan yang disampaikan oleh Tim Auditor Inspektorat Jenderal  Kementrian Agama Republik Indonesia yang terdiri dari  Kusoy Penanggung Jawab Kegiatan, Ridwan Ketua Tim dan Anggotanya adalah Hakim Jamil dan Ratna Cahyaning Tyas sedang melaksanakan kegiatan Pendampingan Pelaporan Penggunaan Keuangan Negara pada Satuan Kerja Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Cimahi. Pendampingan tersebut berlangsung dari mulai hari Senin s.d. Kamis, tanggal 04-07 Juni 2018

Kegiatan pendampingan ini digelar sebelum pelaksanaan Audit Kinerja / Audit Bos yang sudah menjadi program Inspektorat Jenderal Kemenag RI. Pada saat kegiatan pendampingan pelaporan penggunaan keuangan Negara di MAN Kota Cimahi, Tim Auditor memberikan pemahaman kepada seluruh Guru dan Pegawai MAN Kota Cimahi, terkhusus kepada para pengelola keuangan. Tim berpesan agar selalu berhati-hati dalam penggunaan uang Negara, harus sesuai prosedur dan memenuhi syarat “5 Tepat”, yakni :  tepat waktu, tepat sasaran,  tepat guna, tepat jumlah dan tepat kualitas. Kalau tidak memenuhi 5 syarat tersebut maka akan menjadi temuan dan berpotensi mengembalikan ke kas Negara.

Selain melaksanakan pendampingan, pada hari ketiga (Rabu, 06 Juni 2018)  tim auditor memberikan pembinaan kepada seluruh Guru dan Pegawai MAN Kota Cimahi terkait tugas fungsi dan kinerja sebagai pegawai negara. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula MAN Kota Cimahi. Kepala MAN Kota Cimahi, Dra. Hj. Eulis Nurhasanah, M.Pd.  mengatakan “MAN Kota Cimahi sangat beruntung dengan kedatangan tim auditor ini karena sebagai unit kerja yang melaksanakan  tugas kependidikan baik secara struktural maupun fungsional menjadi semakin terarah dan terkendali. Di samping itu semua komponen madrasah memperoleh pencerahan, ilmu dan wawasan baru dari para auditor tentang model dan  paradigma baru tentang kinerja yang optimal dan berdaya guna, khususnya dalam proses administrasi keuangan dan administrasi pembelajaran.” Pada kegiatan Pembinaan tersebut disampaikan tiga materi sekaligus, yakni tentang : 1. Tertib Adminsitrasi Keuangan, 2. Optimalisasi tugas dan fungsi pendidik dan tenaga kependidikan dan 3 . SOP pelaksanaan kegiatan.

Pada kesempatan itu juga Eulis Nurhasanah mewakili seluruh warga MAN Kota Cimahi  menyampaikan terima kasih kepada Tim Auditor karena selama 4 (empat) hari melaksanakan kegiatan pendampingan di MAN Kota Cimahi, Tim sudah banyak memberikan berbagai informasi tentang regulasi baru dan memberi peluang diskusi tentang berbagai hal terkait dengan kemajuan MAN Kota Cimahi agar menjadi Satker yang baik dan rapi dalam hal administrasi dan pelaksanaannya.

Kontributor : EN, Iyen