Rabu, 16-05-2018 | 15:17:49

Baznas Peduli Pendidikan Inklusif

Cikembang (INMAS Kab. Sukabumi)

Penyerahan simbolik kursi roda dan alat bantu dengar oleh Bupati Sukabumi kepada peserta didik madrasah Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu ikhtiar implementasi pendidikan inklusif pada madrasah untuk mewujudkan madrasah ramah anak, madrasah hebat bermartabat pada Selasa (15/05) di Pusbangdai Cikembang. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan penyaluran dana zakat, asnaf sabilillah, penandatanganan kerjasama  dan launching Mobile Trust BAZNAS, Kotak amal dan tabung amal BAZNAS kabupaten Sukabumi.

Dalam sambutannya Bupati Sukabumi Bapak Drs. H. Marwan Hamami menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan realisasi dari keseriusan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam pendayagunaan dan pengelolaan zakat, infaq dan sodaqoh dengan cara melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dan dukungan dalam berbagai sektor penunjang pembangunan daerah, salah satunya adalah sektor pendidikan yang bertujuan mencerdaskan dan pemberian kesempatan pendidikan untuk semua tak terkecuali para penyandang disabilitas.

Pada kesempatan ini Bapak Bupati menyerahkan bantuan BAZNAS kepada peserta didik berkebutuhan khusus berupa 6 buah kursi roda dan 7 buah alat bantu pendengaran, Bapak Dudeh Suniaga selaku Kepala Madrasah MTs Attaqwa Cicurug yang pada kesempatan ini memperoleh bantuan kursi roda bagi siswanya yang bernama Desi Maharani.

"Bantuan ini akan sangat berguna sekali bagi mobiitas kehidupan siswinya sehari-hari dan memberikan kesempatan untuk  memperoleh pendidikan yang layak dan sama dengan peserta didik pada umumnya," ucap bahagia Bapak Dudeh Suniaga.

Hal senada juga dituturkan oleh ibu Memi Fatmawati Kepala MTs Al Manshuriyah Parungkuda dengan bantuan alat bantu pendengaran ini diharapkan siswanya Muhammad Rian siswa kelas 8 akan dapat melanjutkan pendidikan hingga memperoleh pendidikan yang dapat menunjang kehidupannya di masa depan. Begitu juga dengan Ibu Nurhasan wali kelas Lilih Apriyani siswi kelas 2 MI Cibosok kecamatan Cireunghas menyatakan merasa kesulitan dalam proses pembelajaran dengan siswi yang memiliki hambatan pendengaran dan bicara oleh karena itu beliau berharap dengan bantuan alat bantu pendengaran ini siswinya dapat lebih percaya diri dan meningkat kemampuan pengetahuan dan keterampilannya.

Terkait kegiatan BAZNAS kali ini Bapak M. Kamaludin Divisi Bidang IV (ADM, SDM dan Umum) BAZNAS Kabupaten sukabumi menyatakan 2 program BAZNAS Kabupaten Sukabumi bertumpu pada lauching aplikasi zakat yang berguna bagi muzakki dan mustahiq zakat untuk memantau pengelolaan dan penyaluran dana zakat.

"Diharapkan dapat program ini dapat meningkatkan kepercayaan umat dalam hal zakat, infaq dan sodaqoh, program lainnya yang tidak kalah penting adalah program sukabumi cerdas tujuan dari program ini adalah meningkatkan pengelolaan zakat untuk pembangunan inrastruktur pendidikan, aksesabilitas dan kegiatan belajar mengajar yang diperuntukan untuk semua tanpa terkecuali," harap Kamaludin.

Ditemui ditempat terpisah bapak Erwan Hermawan JFU Pengembang Kurikulum Seksi Pendidikan Madradah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi sekaligus pembina Tim  Pendidikan Inklusi berharap BAZNAS Kabupaten Sukabumi dapat membantu pengembangan penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di Madrasah.

"Tidak hanya dalam segi aksesabilitas bagi peserta didik berkebutuhan khusus saja tapi lebih jauh menyiapkan program pendampingan dengan bantuan dinas kesehatan dan dinas terkait untuk terapi dan pelayanan bagi peserta didik dalam rangka menumbuhkan kepercayaan diri, kesehatan, kesejahteraan dan keterampilan peserta didik berkebutuhan khusus hingga dapat mengembangkan dirinya sebagai bagian dari generasi penerus bangsa yang agamis dan berwawasan intelektual tinggi. Yang pada akhirnya Madrasah Hebat Bermartabat pun dapat diciptakan oleh semua pihak tanpa terkecuali," tutur Pak Erwan.

Kontributor : Moh. Iqbal Taufiqi

Editor: Novam S