Rabu, 16-05-2018 | 09:48:28

Kakankemenag HImbau Jemaah Manfaatkan Moment Ibadah Haji

Kawalu (INMAS Kota Tasikmalaya)

Segala sesuatu tidak akan sah dan berjalan dengan baik tanpa ilmu dan belajar, demikan juga halnya dengan ibadah haji seorang muslim dan ibadah-ibadah lainnya. Sebab ilmu adalah sebuah pengantar ibadah agar dapat diterima Sang Pencipta. Maka apabila seorang ingin melaksanakan ibadah Haji atau Umroh hendaknya ia mempelajari manasik Haji dan Umroh dengan baik.

Kementerian Agama Kota Tasikmalaya sebagai instansi yang bertugas untuk memfasilitasi kegiatan ibadah haji telah menyusun berbagai materi yang akan dijadikan bekal para jemaah haji selama menjalankan ibadah di sana. Kegiatan manasik ini selain diselenggarakan oleh Kemenag juga diselenggarakan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

Minggu pagi giliran KBIH manarotul umah yang menggelar manasik haji bagi para jamaah binaannya, bertempat di Pondok Pesantren Manarotul umah, Kawalu. Kepala kementerian Agama Kota Tasikmalaya, Hilmy Riva’i hadir langsung untuk memberikan materi.

Ia menerangkan manasik haji dilakukan untuk dapat memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah Haji dan Umroh tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke Tanah Suci. Menurutnya tujuan dari diadakannya manasik haji dan umroh adalah untuk mempermudah calon Jama’ah Haji dalam memahami tentang ibadah haji dan umroh baik secara teoritis maupun praktis sehingga diharapkan menjadi calon Jama’ah Haji yang mandiri.

“Karena itu disarankan para calon jemaah haji untuk mengikuti manasik baik yang digelar oleh KBIH maupun oleh Kemenag”, ujarnya.

Hilmy menambahkan untuk Kota Tasikmalaya, ada tiga kloter yaitu kloter 2, kloter 82 dan kloter 93, sebagai calon jemaah yang baik akan menerima ditempatkan di kloter mana saja, dimanapun ditempatkan adalah takdir terbaik menurut Alloh.

“Kementerian Agama telah berupaya mengatur semua perjalanan ibadah haji ini sedemikian rupa”, tandasnya.

Percayakan segala sesuatu kepada Kemenag, pemerintah pasti akan mengupayakan segala yang terbaik agar para jemaah haji bias melaksanakan ibadah dengan nyaman dan lancer. Ia juga mengingatkan perjalanan haji adalah kesempatan emas untuk melaksanakan ibadah semaksimal mungkin, dimana tersedia berbagai tempat mustajab untuk berdo’a.

“Tidak setiap hari kita berkesempatan untuk ibadah di sana karenanya manfaatkan moment ini sebaik – baiknya”.

 KOntributor : Yeni Rohayati

Editor : Yudi Hermawan