Senin, 16-04-2018 | 12:54:02

Gubernur Kunjungi  Kemah Santri Tingkat Provinsi Jawa Barat

Ciletuh Kab.Sukabumi (Inmas Bidang PD Pontren)

Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, sesaat setelah mengikuti rangkaian kegiatan yang begitu padat pada kegiatan MTQ XXXV Tingkat Provinsi Jawa Barat di Pelabuhanratu, meluangkan waktu mengunjungi Perkemahaman Pramuka Santri Nusantara Tingkat Prov. Jawa Barat di Pantai Palangpang Kawasan Global Geopark UNESCO Ciletuh Kab. Sukabumi, Sabtu siang (14/04).

Didampingi Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, H. A. Buchori, kehadiran gubernur disambut meriah oleh para pramuka santri.  Beberapa tenda dikunjungi oleh rombongan. Di setiap tenda yang dikunjungi   yel yel yang menjadi ciri khas regu menyambut rombongan.

Kegiatan PPSN, merupakan agenda rutin yang mempertemukan para santri yang aktif dalam kegiatan kepramukaan se- Jawa Barat. Kegiatan yang diikuti oleh 1.750 peserta ini, dilaksanakan mulai 14 April sampai 18 April 2018, yang secara langsung dibuka oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, Sabtu sore.

PPSN Tingkat Provinsi menjadi bagian dari persiapan dari untuk PPSN tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Jambi, Oktober 2018 mendatang. Dalam ajang ini setiap pramuka santri harus mampu menampilkan atau mengekspos peran dirinya dalam masyarakat, di antaranya, parade barisan semaphore terpanjang yang mengandung pesan-pesan santri tentang pentingnya meneguhkan komitmen membangun nilai-nilai nasionlaisme, patriotisme, persatuan, perdamaian dan humanitas; ekspos kemampuan dan keterampilan yang merupakan cerminan dinamika keseharian santri di pondok pesantren; ekspos hasil karya santri di bidang seni dan budaya berciri kas daerah masing-masing yang bernuansa Islami; dan ekspos penanaman pohon pada taman “Bhinneka Tunggal Ika” yaitu berupa penanaman pohon khas masing-masing daerah dalam satu lokasi.

Kontributor : Tri Budiono