Senin, 16-04-2018 | 12:30:03

43 MTs Bertarung dalam KSM KKM 2 Kab. Bogor

Leuwisadeng (Inmas Kabupaten Bogor)

Sebanyak 129 siswa mengikuti Kompetesi Sains Madrasah (KSM). Kegiatan ini  diikuti 43 MTs se KKM 2 yang dilaksanakan di MTsN 2 Bogor, Senin (16/4). Adapun mata pelajaran yang diperlombakan dalam KSM ini meliputi IPA, Matematika dan IPA.

Ketua KKM 2 MTsN 2 Bogor Abdurhaman mengatakan, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2018 bertujuan untuk peningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

“Ini sangat penting, karena madrasah memiliki komitmen dan kualitas yang sama dalam pengembangan sains di Indonesia,” kata Abdurhman.

Maka dari itu, KSM merupakan wahana atau alat bagaimana menumbuhkembangkan cendekiawan muslim yang kuat yang dipupuk melalui madrasah-madrasah yang ada sehingga pengembangan ilmuan islam sesuai kebutuhan zaman bisa terwujud.

“Komitmennya yang mungkin kita harus terus bina, karena KSM ini adalah untuk semua anak madrasah,” ujarnya.

Mengenai tujuan sambung dia, KSM memiliki tujuan yaitu Menyediakan wahana bagi siswa Madrasah/sekolah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah/sekolah, Memotivasi siswa madrasah/sekolah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual berdasarkan nilai-nilai agama, Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa Madrasah/sekolah.

“Memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah/sekolah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi,” pungkasnya.

Kontributor : Acep

Editor : H. Ade Irawan