Kemenag Sumedang Gelar Sosialisasi Upgrading Guru DTA dan TPQ

Selasa, 13-03-2018 | 16:01:39

Kutamaya 25, (INMAS Sumedang)

Sebanyak 52 (lima puluh dua ) peserta terdiri dari unsur Guru Diniyah Takmiliyah (DTA) dan Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) mengikuti Kegiatan Sosialisasi Upgrading Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah dan Lembaga Pendidikan Qur’an di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang Tahun 2018, Selasa (13/3) bertempat di Aula Timur Gedung Kantor Kemenag Kab. Sumedang.

Menurut Ketua Panitia yang juga Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Kab. Sumedang, Drs. H. Yayan Muchtar, Mp.dI, Dasar dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah Undang-undang RI No. 14 Nomor  20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang Nomor 14 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan kecakapan para Guru Diniyah Takmiliyah dan Taman Pendidikan Al-Qur’an. Adapun Narasumber Kegiatan ini adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sumedang H. Hasen, S.Ag, M.Si, Ketua Pokjawas Madrasah Prov. Jawa Barat, Drs. H. Abdul Ajid, M. Ag, dan Ketua FKDT Kab. Sumedang, Nuroni Oktora, S.Pd. Kegiatan berlangsung selama satu hari penuh.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sumedang menyampaikan bahwa UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan, menuntut kita semua sebagai Guru DTA dan TPQ, supaya kita berperan aktif mencerdaskan kehidupan Bangsa lewat lembaga yang kita miliki masing-masing di bawah koordinasi Kementerian Agama, karena kegiatan Upgrading Guru DTA dan TPQ ini menjadi bagian terpenting dalam konteks kegiatan ini sehingga nantinya bisa bermanfaat untuk dunia Pendidikan Keagamaan

Kontributor : Hasan Bisri/Nandang