DPC PGM KECAMATAN DARMA, KADUGEDE, NUSAHERANG GELAR WORKSHOP PENDIDIKAN TINGKAT NASIONAL

Selasa, 13-02-2018 | 16:17:03

Jln. Otista 87. A ( INMAS KUNINGAN )

Sebagai upaya menambah wawasan, meningkatkan kualitas , kompetensi tenaga pendidik serta pengenalan pengantar literasi berbasis IT dalam proses pembelajaran, khususnya bagi guru di Wilayah Kecamatan Kadugede, Nusaherang dan Darma, Dewan Pengurus Cabang  Persatuan Guru Madrasah (DPC PGM  Kanuda melaksanakan Workshop pendidikan Tingkat Nasional, Sabtu (03/02).

Workshop yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Balai Desa Darma dibuka secara resmi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, pada kesempatan ini diwakili Kepala Selsi Pendidikan Madrasah Drs. H. Rohidin, M.Pd yang sekaligus mengisi materi Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan dan Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional.

Dalam sambutan dan arahannya H. Rohidin mengatakan bahwa perkembangan jaman, arus globalisasi dan informasi serta perkembangan dunia IT akan sangat berpengaruh terhadap penyelenggaraan dan hasil pendidikan, karena itu sebagai lembaga penyelenggara pendidikan dan tenaga pendidik harus cepat dan pintar menyesuaikan dengan kondisi dan situasi yang sedang terjadi, hal ini penting karena kita akan tertinggal jika tidak dapat menyesuaikan dan berinovasi serta menggali methoda yang tepat dalam proses pembelajaran.

Sebagai gambaran dahulu guru sudah mengetahui dan menguasai bebera langkah materi yang akan diberikan kepada muridnya, jaman sekarang dengan perkembangan dunia informasi, IT, dan melalui media sosial bisa saja murid sudah tahu dan paham serta menguasai materi yang akan disampaikan, disinilah dibutuhkan peran tenaga pendidik kudu lebih pintar, lebih menguasai dan berinovasi dalam proses pembelajaran ungakap H. Rohidin.

Sementara itu ketua penyelenggara Drs. Apon dalam laporannya bahwa kegiatan workshop diikuti 460 peserta dari unsur guru RA, MI/SD, MTs, dan MA Se Wilayah Kecamatan Kadugede, Nusaherang dan Darma dengan beberapa tujuan yang diharapkan yaitu upaya meningkatkan  wawasan dan kemampuhan serta kualitas dan kompetensi tenaga pendidik, pengenalan  penguatan literasi berbasis IT, dan pada akhirnya sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kabupaten Kuningan.

Adapun materi yang disampaikan meliputi Kebijakan Pemerintah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Penguatan Literasi Berbasis IT, Penilaian Kinerja Guru dan Pengembangan Kepropesian Berkelanjutan. Dengan Pemateri Kepala Kementerian Agama Kab. Kuningan, Asep Gunawan  (Instruktur Nasional Penguatan Bidang IT), dan Drs. Durahman ( Widiyaiswari Balai Diklat Kegamaan Bandung ).

Kontributor Zaenal Arifin