MAN 2 Tasikmalaya Lakukan Pelatihan Sosialisasi dan Sertifikasi UNBK

Kamis, 11-01-2018 | 19:59:20

Singaparna, (Inmas Kab. Tasikmalaya) Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Harun Harosid, M.Pd., mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kbuapten Tasikmalaya membuka acara sekaligus memberikan sertifikat secara simbolis kepada para peserta pada acara Pelatihan Sosialisasi dan Sertifikasi dengan Tema “Solusi Cerdas Memenuhi Kebutuhan UNBK Dengan Teknologi Virtualisasi" yang dilaksanakan di Aula MAN 2 Tasikmalaya. Kamis, (11/1/18)

Dalam sambutannya H. Harun mengungkapkan bahwa kondisi saat ini di dalam proses pembelajaran, memang tidak bisa dilepaskan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, pergeseran-pergeseran kearah penggunaan TIK sudah amat jelas terlihat dengan sudah direkomendasikannya Ujian Nasional berbasis computer. Tahun ini merupakan tahun keempat UNBK, bahwa pada tahun ini 86 di seluruh Madrasah Aliyah akan melakukan Ujian Nasional berbasis komputer, di tambah dengan Madrasah Tsanawiyah sebanyak 60 Madrasah.

Namun masih pada permasalahannya, masih ada madrasah yang belum memiliki perangkat yang memadai sebagai penyelenggara UNBK “mudah-mudahan dengan pelatihan hari ini, kita bisa menemukan solusi untuk bisa memenuhi persyaratan atau kriteria sebagai penyelenggara UNBK,” ujarnya.

Lebih lanjut Harun memberikan apresiasi pada rekan yang bekerjasama dalam kegiatan ini dan berpesan kepada seluruh peserta pelatihan “Cermati dan pahami betul apa yang nanti disampaikan dan di informasikan, karena harus bisa meyakinkan pimpinan satuan pendidikan, agar bisa memanfaatkan teknologi ini,” tegasnya.

Selanjutnya ujian berbasis IT yang akan di lakukan di tiap madrasah kini mulai bergeser pada gadget, bukan pada portable lagi, namun jika melalui gadget, madrasah-madrasah yang berbasis pesantren agak dibatasi. Akan tetapi tidak membatasi pada laptop. “ Kita punya kekhawatiran bahwa nantinya volume anak belajar di gadget lebih besar dari volume anak belajar dikelas atau belajar di pesantren,” pungkasnya.

Kontributor: Jaeni/Gina