Selasa, 14-11-2017 | 15:55:00

Baznas Kota Bogor Gelar Sosialisasi

Kebon Kalapa (INMAS Kota Bogor)

Dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan dan pendapatan dana zakat dari berbagai sumber pendapatan asli zakat, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bogor bersama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Bogor menggelar Sosialisasi Program Unit Pengumpulan Zakat, bertempat di Aula Kankemenag Kota Bogor, Senin (13/10). Kegiatan dihadiri Kepala Kankemenag  Kota Bogor, Kasubbag Tata Usaha, Para Kasi dan penyelenggara, Satker dan JFU di lingkungan Kankemenag Kota Bogor.

Ketua BAZNAS Kota Bogor, K.H Chotib Malik menyampaikan, BAZNAS Kota Bogor merupakan badan yang bertugas untuk mengkoordinir, pengumpulan dan penyaluran zakat di Kota Bogor. Agar zakat yang terkumpul lebih maksimal dipergunakan demi kemaslahatan umat, sesuai Undang-undang No. 23 Tahun 2011 Tentang BAZ.

Chotib Malik mengatakan sosialisasi tentang zakat ini sangat perlu disampaikan kepada masyarakat, karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang pengelolaan zakat. Khususnya para pegawai dilingkungan Kementerian Agama yang memiliki penghasilan tetap setiap bulan, ujarnya.

Lebih lanjut, Chotib Malik mengatakan bahwa, banyaknya masyarakat yang belum memahami zakat profesi, padahal apapun profesinya jika penghasilannya sudah mencapai nisab, maka zakat itu wajib dikeluarkan, ujar Chotib.

Dengan sosialisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan para pegawai terhadap pentingnya berzakat untuk membantu orang-orang yang membutuhkan (mustahiq), zakat yang terkumpul akan dikoordinir dan di disistribusikan tepat sasaran dan berdaya guna demi kemaslahatan umat, pungkasnya.

Kontributor : Listy Vin

Editor : Hendra Gunawan