Selasa, 14-11-2017 | 14:49:11

MTsN 1 SUBANG JADI DUTA KAB. SUBANG PADA LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT PROV. JABAR

Jalan Mayjend Soetoyo S (Inmas Subang)

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTsN 1) Subang menjadi duta Kabupaten Subang pada ajang Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi Jawa Barat, setelah sebelumnya bersaing ketat dengan semua Sekolah Tingkat SLTP/MTS yang ada di Kabupaten Subang.

Hal ini terungkap ketika Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Subang, H. Abdurahim menerima Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat provinsi Jawa Barat di Aula MTsN Subang. Senin (13/11). Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekda Subang H. Adurahman M,Si, Kabag Kesra H. Aan Hadari, Kasi Penmad H. Sadudin, Camat Subang Wawan gunawan, Dinas Kesehatan dr Miety Damayanti dan SKPD lainnya di lingkungan Pemkab Subang.

Dalam Sambutannya, H. Abdurahim menyampaikan Selamat datang pada Tim Penilai dan Memberikan apresiasi kepada Kepala MTsN1 Subang dan jajarannya.

“Saya ucapkan selamat datang kepada tim penilai lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Subang, tepatnya di kampus MTsN 1 Subang. Inilah MTsN 1 Subang yang tahun ini terpilih menjadi wakil Kabupaten Subang pada ajang lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Jawa Barat. Seperti kita ketahui, inilah kondisi lingkungan Madrasah/sekolah yang apa adanya. Kami merasa belum layak untuk jadi juara, namun kami tidak mau jadi juara 2 ataupun juara 3” ungkapnya yang disambut dengan tepuk tangan hadirin. Tentu ini mengisyaratkan adanya harapan untuk menjadi juara 1 tingkat provinsi Jawa Barat.

“Saya sampaikan apresiasi setingi-tingginya kepada Kepala MTsN 1 Subang dan Semua jajarannya yang sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menjadi madrasah terbaik dalam ajang Lomba Sekolah sehat. Semoga menjadi kebaikan untuk kita, kebaikan untuk sekolah, untuk anak didik kita dan kebaikan untuk masyarakat juga. Semoga kegiatan ini menjadi motivasi kita untuk menciptakan sekolah yang bersih, sehat, serasi dan nyaman untuk semuanya, sehingga proses pendidikan yang dilakukan akan mendapatkan hasil yang maksimal sebagaimana yang dicita-citakan.”pungkasnya.

Selanjutnya, kepala MTsN1 Subang H. Wawan Soleh Setiawan menyampaikan ekspose terkait dengan Kondisi Lingkungan madrasah/Sekolah yang Sehat, memaparkan tentang kegiatan UKS, Green House & Taman Obat Keluarga, kreativitas Siswa dalam pengelolaan Sampah dan pemanfaatan lahan sekolah untuk pendidikan Siswa.

Sementara itu Ketua Tim Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Barat DR. Yusuf menyatakan kesannya yang baik ketika masuk ke lingkungan MTsN 1 Subang.

“Saya sampaikan terimakasih atas sambutannya yang meriah, saya terkesan ketika tadi mendengar semua siswa menyanyikan mars UKS. Semoga hal ini menjadi indikator yang baik akan kesadaran seluruh Siswa dalam menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan nyaman. ” Ungkap Yusuf.

“MTsN 1 Subang ini akan bersaing dengan SMP/MTs lain dari perwakilan Kabupaten/Kota lainnya di Jawa barat. Ini lebih berat dibanding tahun sebelumnya yang hanya berhadapan dengan sekolah dari 5 Kabupaten/Kota. Kalau menyaksikan ekspose yang disampaikan kepala Madrasah, sudah sangat baik dan lengkap, namun kami akan menilai langsung ke lapangan, seperti apa faktanya, bahkan kami menilai tidak hari ini saja, melainkan dikesempatan lain kami akan datang secara tiba-tiba. Di samping itu kami tidak hanya menilai sekolahnya saja tapi menilai juga bagaimana kontribusi Tim Pembina UKS kabupaten/kota, Tim Pembina UKS kecamatan dan peran pihak lainnya yang sudah menjalin kemitraaan dengan sekolah/Madrasah.” pungkasnya.

Setelah acara ceremonial selesai, Tim Penilai langsung meninjau kondisi lingkungan Sekolah, Diantaranya : Sekretariat UKS, Bank Sampah yang dikelola oleh Siswa, Kebun Siswa, Taman Obat-obatan Keluarga (TOGA), Fasilitas Ibadah, Sanitasi dan Sarana madrasah lainnya.

Kontributor : Yadi

Editor : Hendra Gunawan