Jumat, 19-05-2017 15:48:05

Kabid PD Pontren Hadiri Wisuda Akbar Santri TKQ Se-Kota Bandung


Cikutra (INMAS Kota Bandung)

“Atas terselenggaranya kegiatan Wisuda Akbar Santri TKQ se Kota Bandung Tahun 2017, kami mewakil Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Barat menyambut baik dan menyampaikan ucapan selamat kepada selurus santriwan dan santriwati TKQ se Kota Bandung yang telah dinyatakan lulus mengikuti proses pembelajaran pada lembaga pendidikan TKQ serta berhak mengikuti perhelatan Wisuda Akbar”. Demikian awal sambutan yang disampaikan oleh Kabid PD Pontren Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Barat pada pelaksanaan kegiatan Wisuda Akbar Santri TKQ Se Kota Bandung yang digelar oleh Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur’an (FKPQ) Kota Bandung di Gedung Olah Raga C-TRA ARENA, Selasa (09/5/2017).

Ucapan selamat dan penghargaan juga disampaikan Kabid PD Pontren kepada seluruh guru TKQ.  “Apresiasi dan ucapan selamat kami sampaikan kepada seluruh guru TKQ yang istiqomah telah mendidik dan membimbing para santri tanpa mengenal rasa lelah dalam upaya membentuk generasi qur’ani generasi yang cinta Al Qur’an, sebagai prasyarat utama menciptakan generasi yang berkarakter dan berakhlaq mulia”. Ungkapnya.

Kabid PD Pontren menilai bahwa kegiatan Wisuda Akbar Santri TKQ di Kota Bandung tersebut adalah sangat penting dilaksanakan karena memiliki nilai yang sangat subtantif yakni syiar Islam, sebagai upaya meningkatkan eksistensi dan keberadaan pendidikan keagamaan Islam (pendidikan Al Qur’an) sebagai lembaga pendidikan yang memiliki potensi yang sangat besar.

“Lembaga pendidikan yang memiliki potensi yang sangat besar, sehingga kehadirannya semakin dan terus harus diperhatikan oleh pemerintah, pemerintah daerah  dan yang lebih penting dirasakan oleh masyarakat.” Ucap Kabid.  
 
Selanjutnya, Kabid PD Pontren menyampaikan bahwa dalam menyikapi terjadinya tindak kekerasan dan seksualitas yang melibatkan anak-anak baik sebagai pelaku atau korban yang terjadi akhir-akhir ini diberbagai daerah, Kabid PD Pontren menghimbau kepada para orang tua dan para guru untuk senantiasa hati-hati dan terus mengawasi keberadaan putra-putrinya. Dikatakan oleh Kabid PD Pontren bahwa peran orang tua di rumah dan peran guru di madrasah sangatlah vital (penting), nilai-nilai moral dan karakter mulia dalam jiwa seorang anaklah secara instrinsik faktor yang bisa mencegah diri untuk melakukan perbuatan dosa dan pelanggaran hukum.

“Penanaman sifat-sifat positif dalam jati diri anak hanya efektif melalui peran seorang ibu (orang tua dan guru).” Tambah Kabid PD Pontren.

Dalam kesempatan itu juga Kabid PD Pontren menyampaikan bahwa atas nama Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Barat menegaskan mengajak seluruh orang tua di Kota Bandung yang peduli dan cinta kepada putra dan putrinya untuk “siap” merevitalisasi peran orang tua dirumah dan guru di madrasah dalam mendidik dan menciptakan putra putrinya sebagai calon pemimpin masa depan menjadi generasi yang bertaqwa dan berakhlaq mulia melalui pendidikan qur’ani.
Kabid PD Pontren juga menyampaikan bahwa Kementerian Agama telah banyak meluncurkan program konstruktif seperti Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji, Program 1000 Tahfidz Qur’an setiap tahun, Beasiswa Hafidz Al Qur’an dan lainnya.                             

Kontributor: Agus Saparudin

Berita Lainnya
Jumat, 26-05-2017 14:43:06

KUNINGAN JUARA UMUM KSM DAN AKSIOMA TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT 2017

Rabu, 24-05-2017 19:25:16

Pelantikan dan Rakerda I PD IGRA Kota Bogor

Rabu, 22-06-2016 11:40:59

PPDB MIN 1 Cianjur Berjalan Lancar

Senin, 20-06-2016 09:18:29

KaKanKemenag Kota Tasikmalaya Gelar Silaturahmi Bersama Guru Madrasah

Jumat, 17-06-2016 13:29:38

Kakankemenag Cianjur Lantik Kepala Subbagian TU