Senin, 19-09-2016 15:49:24

MAN 1 Kab. Bandung Launching Gerakan Cinta Membaca


Kab.Bandung (Inmas Kabupaten Bandung)
Hujan terus mengguyur kota Bandung sejak satu malam sebelumnya, namun  suasana seperti itu tidak serta merta menyurutkan langkah para peserta didik beserta para guru Madrasah Aliyah Negeri I Bandung untuk tetap hadir mengikuti acara Pengukuhan Pengurus Remaja Perpustakaan Madrasah (RPM) dan Launching Gerakan Cinta Membaca (GECICA), Sabtu (17/9/16) di Masjid Al Farabi Ciparay Kabupaten Bandung. Terbukti sejak pukul 06.30 WIB semua yang terlibat dalam kegiatan spektakuler ini terus berdatangan.


Acara Pengukuhan dan Launching ini berawal dari ide kreatif dan inisiatif para pengelola Perpustakaan MAN I Bandung, Kiki Jajat Sopian, S.I.Kom, dan mendapat dukungan sepenuhnya dari segenap keluarga besar MAN I Bandung. Menurut Kiki, sebagai seorang pustakawan, dia merasa bertanggung jawab untuk ikut berperan serta dalam mencerdaskan generasi bangsa melalui kegiatan membaca. Acara yang semula akan digelar di lapang olah raga dialihkan ke dalam Mesjid Al-Farabi MAN I Bandung karena hujan turun sangat deras.


Dalam sambutan Kepala MAN I Bandung, Iis Sofiah Robiah Adawiyah menjelaskan  bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang disertai dengan derasnya arus perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, menuntut terciptanya masyarakat untuk gemar membaca. “Generasi cerdas dan cinta membaca pada gilirannya akan memajukan peradaban bangsa itu sendiri. Hal ini dapat dibuktikan pada bangsa-bangsa maju di dunia yang perpustakaannya sudah lebih maju dan berkembang, serta dimanfaatkan secara optimal oleh rakyatnya yang berbudaya baca tinggi” kata Iis.


Selanjutnya Iis mengatakan, Pengukuhan Pengurus Remaja Perpustakaan Madrasah (RPM) dan Launching Gerakan Cinta Membaca (GECICA), merupakan bentuk komitmen MAN I Bandung dalam mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia umumnya, khususnya di MAN I Bandung, dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar agar peserta didik mampu memperluas wawasan pengetahuan, meningkatkan keterampilan teknologi,  dan memperkuat jaringan komunikasi, sehingga tercapai SDM berkualitas.


Pada kesempatan tersebut diberikan pula anugerah “Bunda Literasi” kepada Kepala MAN I Bandung, “Putera Literasi” kepada Doni Hermawan (XII IPA 2), dan “Puteri Literasi” kepada Bunga Suci Romadhona (XII IPA 2), sebagai bentuk penghargaan terhadap keteladanan mereka yang memiliki hobby membaca dan menghasilkan beberapa karya tulis yang telah diterbitkan.


Tumbuhnya komitmen tentang kegiatan membaca yang dilakukan secara benar dan efektif diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup seseorang, yang pada akhirnya berpengaruh pada kepribadian dan kemampuannya untuk berinteraksi, sehingga menjadikan orang tersebut siap menjadi pelaku utama dari kemajuan bangsa dan negaranya.


Kontributor : Iis Sofiah Raysa Almawahib - Ahmad Suhaeri

Berita Lainnya
Jumat, 26-05-2017 14:43:06

KUNINGAN JUARA UMUM KSM DAN AKSIOMA TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT 2017

Rabu, 24-05-2017 19:25:16

Pelantikan dan Rakerda I PD IGRA Kota Bogor

Rabu, 22-06-2016 11:40:59

PPDB MIN 1 Cianjur Berjalan Lancar

Senin, 20-06-2016 09:18:29

KaKanKemenag Kota Tasikmalaya Gelar Silaturahmi Bersama Guru Madrasah

Jumat, 17-06-2016 13:29:38

Kakankemenag Cianjur Lantik Kepala Subbagian TU