Senin, 17-07-2017 | 12:37:41

Bimbingan Manasik Massal 1 (Taaruf) Tingkat Kemenag Kota Cirebon Tahun 2017 M / 1438 H

Jl. Terusan Pemuda By Pass (INMAS Kota Cirebon)

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon, Senin, 10/07/2017 bertempat  Di Gedung Islamic Center,  Menggelar Bimbingan Manasik  Massal 1 (Taaruf) Tingkat Kota Cirebon Tahun 2017 M / 1438 H, kepada 313  calon jamaah haji yang terdiri dari 145 calon jamaah haji Laki laki  dan 187 calon jamaah haji Perempuan. Ditambah TPHD 1 Orang, TPHD Propinsi 1 Orang, TPHI 1 Orang,  TPIHI 1.Orang dan TKHI 1 Orang

Hal itu dikemukakan dalam laporan Kepala Kantor Kemenag Kota Cirebon Drs. H. Ahmad Sanukri, SH., MM, Menurutnya, ratusan calon jamaah haji asal Kota Cirebon tersebut diberikan bimbingan haji berupa kebijakan pemerintah tentang haji dan sharing menjaga kesehatan saat melaksanakan ibadah haji.

Narasumber H. Edy Sugiato, M. Kes (Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon) Masalah Kesehatan. Agar calon jamaah haji ini bisa melaksanakan haji sesuai aturan dan bisa kembali lagi ke tanah air dalam keadaaan sehat.

Drs. H. Abudin, M. Ag ( Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prop. Jabar. Memberikan arahan terkait kloter pemberangakatam pemondokan, dan petugas-petugas yang siap mendampingi.

Drs. H. Ahmad Sanukri, SH., MM kebijakan pemerintah terkait haji  "Kita sudah siap, tinggal menunggu pemberangkatanya saja, untuk Kota Cirebon akan digabung dengan Kab. Sukabumi dan Kota Bekasi diberangkatkan tgl 19 Agustus 2017, kloter 75 gelombang 2.

Selanjutnya H. Ahmad Sanukri,  terus mengingatkan kepada calon jamaah haji agar mengutamakan jaga kesehatan, baik sebelum pemberangkatan atau saat melaksanakan haji selama 40 hari disana.

Ia juga mengatakan, ratusan calon jamaah haji juga sudah melaksanakan test kesehatan dan pemberian vaksin. Lanjut dia, calon jamaah haji mayoritas dari Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Bagi warga Kota Cirebon yang akan berangkat haji, kata dia, harus menunggu 14 tahun lagi sebelum pemberangkatan, karena banyak yang mengantri.

"Paling utama harus jaga kesehatan  dan  harta juga,  Dari 313 calon jamaah haji Kota Cirebon tersebut calon jamaah haji termuda berumur 31 th. Sedangkan calon jamaah haji tertua berumur 78 th   ," terangnya.

Akhirnya  Kepala Kemenag Kota Cirebon  sebelum melaksanakan ibadah haji di tanah suci, dirinya meminta kepada calon jamaah haji agar bertanya kepada pembimbing, dan minta petunjuk apabila ada hal-hal yang belum dimengerti.

"Bagaiamana tata cara Tawaf, Sai, Lempar jumroh dan lain-lainnya. Insya Allah akan mabrur hajinya. Saya juga mengingatkan kepada calon jamaah haji agar terus menjaga kesehatan agar pelaksanaan hajinya tidak terganggu," pintanya.

Kontributor : Tommy Soetiyawan, SH

Editor : Deden Faried