Senin, 17-07-2017 | 12:34:07

Pokjawas Kemenag Kota Cirebon Gelar Raker TP 2017-2018

Jl. Terusan Pemuda By Pass Cirebon (INMAS Kota Cirebon)

Bertempat di Aula, Selasa, 11/07/2017, Seluruh Pengawas Madrasah   dan Pengawas Pendidikan Agama Islam  Kantor Kemenag Kota Cirebon, Menggelar Rapat Kerja Pengawas,  Dengan Kepala Kantor Kemenag Kota Cirebon Drs. H. Ahmad Sanukri, SH., MM dan Kasi PAIS serta Kasi Pendidikan Madrasah.

Dalam Laporannya Ketua Pokjawas Drs. H. Raswan, MA, Program Kerja Pengawas kedepan yang riil dan inovatif, program yang berkualitas secara perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan, dan saya sangat berharap ada program yang unggul dan utama sehingga dapat mengenalkan "Madrasah Lebih Baik dan Lebih Baik Madrasah".

Kepala Kantor Kemenag Kota Cirebon Drs. H. Ahmad Sanukri, SH., MM,  dalam arahannya lebih menekankan  bahwa Jabatan Fungsional Pengawas adalah Jabatan Tertinggi dalam komunitas pendidikan.

"Maka menjadi penting menjadi diri sendiri dan mampu menjadi teladan bagi guru Kemenag yang berada di bawahnya,  serta terus senantiasa sadar dan peduli akan tugas pokok dan fungsi yang melekat pada diri bapak ibu, tentu tidak sekedar menghasilkan output tetapi melihat pada outcome, indikator sederhananya adalah keberhasilan Bapak Ibu sebagai Pengawas.

Selanjutnya pengawas harus berpenampilan beda, Menyusun program pengawas, melaksanaan pembina guru dan Kepala Madrsaah , memantau perencanaan SNP, melaksanakan penilaian kerja guru dan kepala madrasah,  melaksanakan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan pada madrasah dan melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru. Selanjutnya di akhir sambutanya beliau mengatakan dalam melaksanakan tugas adalah yang paling urgen sehingga  program berjalan lancar tidak tersumbat dan mengajak para peserta rapat untuk bersama sama dalam mewujudkan pendidikan yang berkwalitas  mulai dari RA, MI, MTs dan MA. Dan yang penting bagaimana kita bisa menyiapkan peserta didik yang mempunyai potensi sehingga usaha  kita ada hasilnya. Mari kita bangun untuk menjadi pengawas yang profesional.dan tentunya dihiasi dengan ikhlas dalam setiaap langkahnya.

Harapannya para pengawas harus mampu membangun rasa kebersamaan yang tinggi dan tanggung jawab dalam pelaksanaan pengawasan, Para pengawas harus menjadi pusat informasi dan komunikasi bagi guru PAI dalam melaksanakan kegiatan kedinasannya.

Raker ini dilanjutkan dengan pembahasan dan penyusunan program kerja berdasarkan tingkatan masing masing.

Kontributor : Tommy Soetiyawan, SH

Editor : Deden Faried